PENGARUH TRANSFER FISKAL DAN DANA DESA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA


Arfah, Najamuddin (2021) PENGARUH TRANSFER FISKAL DAN DANA DESA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A032171008_tesis1.png cover.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A032171008_tesis.pdf 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A032171008_tesis.pdf dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A032171008_tesis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NAJAMUDDIN ARFAH . Pengaruh Transfer Fiskal dan Dana Desa Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia (dibimbing oleh Madris dan Sultan Suhab).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung Transfer Fiskal dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia melalui Pembangunan Manusia yang diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk time series dari tahun 2015 hingga 2018 dan data panel 33 provinsi di Indonesia . Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis path dengan menggunakan software SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Transfer Fiskal dalam bentuk DAK secara langsung tidak berpengaruh terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Namun secara tidak langsung melalui Pembangunan Manusia berpengaruh signifikan negatif terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Studi ini juga menunjukkan bahwa Dana Desa secara langsung maupun tidak langsung melalui pembangunan manusia berpengaruh positif terhadap Ketimpangan pendapatan. Ini artinya, sejak digulirkannya Dana Desa dari tahun 2015 hingga 2018 belum maksimal menurunkan ketimpangan pendapatan, tetapi justru berpengaruh meningkatkan ketimpangan pendapatan. Belum maksimalnya kucuran Dana Desa terhadap penurunan ketimpangan disebabkan oleh belum tepat sasarannya penggunaan dana desa terutama di bidang pemberdayaan dan pembinaan masyarakat desa. Selain itu, anggaran dana desa yang fokus pada pembangunan dan infrastruktur desa hanya dinikmati oleh kelompok elit di desa yang mengakibatkan ketimpangan pendapatan justru meningkat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:21
Last Modified: 30 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11951

Actions (login required)

View Item
View Item