KINERJA PENUKAR KALOR TIPE U-TUBE BUNDLE TERHADAP SISTEM PENDINGIN MESIN BANTU KAPAL


HIKMA, MUHAMMAD AIDIL (2021) KINERJA PENUKAR KALOR TIPE U-TUBE BUNDLE TERHADAP SISTEM PENDINGIN MESIN BANTU KAPAL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33116014_skripsi_05-11-2021 cover1.png

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33116014_skripsi_05-11-2021 1-2.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33116014_skripsi_05-11-2021 dp.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33116014_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Sistem pendinginan mesin bertanggung jawab menjaga temperatur mesin agar selalu berada di temperatur operasi, hal ini diperlukan karena mesin akan beroperasi optimum di temperatur operasinya. Pada kapal umumnya terdapat sistem pendingin dengan menggunakan penukar kalor shell and tube, namun pada kapal Self-Propelled Split Hoppers Barge (SPSHB) terdapat sistem pendingin mesin bantu kapal dengan menggunakan boxcooler, yang mana secara alami menggunakan air laut di sheachest kapal untuk melakukan proses pendinginan mesin, dengan posisi nya yang berada di seachest sehingga mengefisiensikan ruang mesin kapal. Pada penelitian ini menggunakan objek boxcooler dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja boxcooler terhadap sistem pendingin mesin bantu kapal yang mana di lakukan pada variasi daya sesuai kondisi kapal yaitu berlayar, bongkar-muat dan berlabuh. Dari hasil perhitungan diperoleh pada kondisi kapal berlayar yaitu 565 kW di temperatur 95°C didapatkan nilai temperatur yang keluar dari boxcooler sebesar 77,067°C dengan nilai Qtotal sebesar 4,203 x 105 W, lalu pada kondisi kapal bongkar-muat yaitu 350 kW di temperatur 88°C didapat nilai temperatur yang keluar dari boxcooler sebesar 73,884°C dengan nilai Qtotal sebesar 3,592 x 105 W, dan pada kondisi berlabuh yaitu 260 kW di temperatur 76°C didapat nilai temperatur yang keluar dari boxcooler sebesar 64,724°C dengan nilai Qtotal sebesar 2,636 x 105 W. Sedangkan suhu fluida air pendingin dari air laut yaitu 30°C. Hasil penelitian ini menunjukkan penambahan nilai efektivitas alat penukar kalor boxcooler terhadap variasi daya kapal, penggunaan boxcooler pada kapal ini meningkatkan kinerja sistem pendinginan mesin bantu kapal. efektivitas tertinggi yang didapatkan pada kondisi kapal berlayar dengan efektivitas sebesar 70,720 %.
Kata kunci: Box Cooling System, Perpindahan Panas, Efektivitas BoxCooler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:21
Last Modified: 30 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item
View Item