ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA


Yunus, Adinda Asiah Minhikmah Alena Pituleng (2021) ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN MONETER DAN FISKAL TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A011171313_skripsi1.png cover.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A011171313_skripsi.pdf 1-2.pdf

Download (910kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A011171313_skripsi.pdf dp.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A011171313_skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suku bunga rill, pengeluaran pemerintah, pembentukan modal tetap bruto terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui disposable income. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik), Bank Indonesia, dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK). Metode analisis yang digunakan adalah metode estimasi persamaan simultan.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa variabel suku bunga rill tidak menunjukkan hubungan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui disposable income. Pengeluaran pemerintah tidak menunjukkan hubungan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung melalui diposable income. Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat melalui disposable income. Kemudian, disposable income menunjukkan hubungan positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:51
Last Modified: 28 Dec 2021 06:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item
View Item