ANALISIS MARGIN PEMASARAN KOPI DAN NIRA AREN DI KECAMATAN BANGKELEKILA’ KABUPATEN TORAJA UTARA


Lintin, Armi Ngayo (2021) ANALISIS MARGIN PEMASARAN KOPI DAN NIRA AREN DI KECAMATAN BANGKELEKILA’ KABUPATEN TORAJA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171043_skripsi_19-10-2021 Cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171043_skripsi_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (844kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171043_skripsi_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171043_skripsi_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Armi Ngayo Lintin (M011171043), Analisis Margin Pemasaran Kopi dan Nira Aren di Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara dibawah Bimbingan Makkarennu dan Supratman
Kopi dan nira aren merupakan salah satu hasil hutan bukan kayu yang dimanfaatkan masyarakat Kecamatan Bangkelekila’, Kabupaten Toraja Utara sebagai salah satu penghasilan tambahan. Minuman nira dan minuman kopi sangat digemari oleh masyarakat Toraja dan selalu disediakan pada acara adat, selain itu dijadikan sebagai penghasilan tambahan, namun lebih banyak masyarakat yang menjadikan nira sebagai penghasilan tambahan dibandingkan kopi. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran dan margin keuntungan antara nira dan kopi. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara terhadap 36 responden yang ditentukan secara purposive sampling. Analisis deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan saluran pemasaran kopi dan nira aren, dan selanjutnya dilakukan analisis margin pemasaran dan margin keuntungan. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat 2 (dua) saluran pemasaran kopi dan nira aren, yaitu pada saluran 1 pemasaran kopi dan nira aren, petani menjual produk kepada konsumen akhir sehingga nilai margin senilai Rp 0, saluran 2 pemasaran kopi yaitu petani menjual kopi kepada pedagang pengumpul desa untuk selanjutnya dijual kepada pedagang pengumpul luar kecamatan, sehingga memiliki nilai margin Rp 7.000/liter dan margin keuntungan senilai Rp 6.300/liter, dan saluran 2 pemasaran nira aren, yaitu petani menjual nira kepada pedagang pengecer untuk selanjutnya dijual kepada konsumen akhir, sehingga memiliki nilai margin Rp 3.500/liter dan margin keuntungan senilai Rp 2.400/liter.
Kata Kunci : Kopi, nira, saluran, margin, margin keuntungan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Dec 2021 00:33
Last Modified: 23 Dec 2021 00:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item
View Item