FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN DALAM PENERAPAN BUSINESS PROCESS RE-ENGINEERING (BPR) DI RUMAH SAKIT: INTEGRATIVE REVIEW = KEY SUCCESS FACTOR IN IMPLEMENTATION OF BUSINESS PROCESS RENGINEERING (BPR) IN HOSPITAL: AN INTEGRATIVE REVIEW


NURFADHILAH, NURFADHILAH (2021) FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN DALAM PENERAPAN BUSINESS PROCESS RE-ENGINEERING (BPR) DI RUMAH SAKIT: INTEGRATIVE REVIEW = KEY SUCCESS FACTOR IN IMPLEMENTATION OF BUSINESS PROCESS RENGINEERING (BPR) IN HOSPITAL: AN INTEGRATIVE REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181093_tesis_19-10-2021 Cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181093_tesis_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181093_tesis_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181093_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Nurfadhilah, Faktor Kunci Keberhasilan Dalam Penerapan Business Process Re-Engineering (BPR) Di Rumah Sakit: Integrative Review (Dibimbing oleh Andi Indahwaty Sidin dan Abdul Rahman Kadir)
Business Process Re-Engineering (BPR) merupakan salah satu cara yang sangat penting bagi rumah sakit dalam melakukan suatu perubahan sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerjanya. Namun dalam praktiknya, BPR di rumah sakit mengalami banyak tantangan dan pada akhirnya tidak mencapai hasil yang diharapkan. Berbagai penelitian telah menjabarkan faktor-faktor yang menjadi keberhasilan maupun kegagalan dalam pelaksanaan proyek BPR sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kunci apa saja yang menjadi keberhasilan dalam implementasi BPR di rumah sakit.
Integrative review ini menggunakan pedoman Joanna Briggs Institute dengan artikel penelitian primer berbahasa inggris yang diakses melalui database PubMed, ScienceDirect, dan Google Scholar 10 tahun terakhir. Hasil pencarian artikel diperoleh 311 artikel dan tersisa 10 artikel masuk dalam studi.
Hasil penelitian diperoleh sembilan faktor kunci keberhasilan dalam implementasi BPR di rumah sakit yakni komitmen manajemen, pemberdayaan karyawan, metode dan alat, teknologi informasi, lingkungan dan budaya, eksternal organisasi, proyek BPR, finansial dan strategi. Faktor-faktor ini hanya secara umum mewakili diberbagai rumah sakit termasuk rumah sakit publik dan swasta sebab masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pelaksanaan BPR bergantung jenis, karakteristik, dan lingkungan rumah sakit yang bersifat heterogen. Diharapkan faktor kunci ini menjadi perhatian ketika rumah sakit ingin melakukan perubahan melalui proyek BPR dan dapat membantu rumah sakit dalam mencapai hasil sesuai visi organisasi.
Keywords: Business Process Re-Engineering, Faktor Keberhasilan, BPR, Penerapan, Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:24
Last Modified: 20 Dec 2021 02:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11759

Actions (login required)

View Item
View Item