POTENSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK (Kajian Literatur)


DARWIS, AHMAD GHAZALI (2021) POTENSI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK (Kajian Literatur). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011181501_skripsi_19-10-2021 Cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011181501_skripsi_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011181501_skripsi_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011181501_skripsi_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan faktor lokal yang sangat dominan dalam menyebabkan permasalahan rongga mulut. Saat ini kesehatan gigi dan mulut di indonesia termasuk dalam golongan yang tinggi. Pernyataan ini ditunjukkan oleh data Riskesdas 2013 menunjukkan bahwa prevalensi masalah gigi dan mulut di Indonesia pada tahun 2013 adalah 25,9%, sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 57,6%. Kalimantan Selatan termasuk dalam urutan ke 14 dari 33 provinsi yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut dengan persentase sebesar 36,1% pada tahun 2013 dan 59,6% pada tahun 2018. Masalah gigi dan mulut di provinsi Kalimantan selatan pada usia 5-9 tahun sebesar 71,17%. Seiring dengan berkembangnya teknologi, cara penyampaian materi untuk kesehatan gigi dan mulut agar lebih menarik dengan menggunakan sebuah media. Maka dengan penambahan teknologi Augmented reality ini akan membantu menarik perhatian anak-anak mengenai tentang kesehatan gigi dan mulut. Tujuan: Secara umum, Literature review ini bertujuan untuk mengetahui potensi penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented reality terhadap peningkatan pemahaman kesehatan gigi dan mulut. Metode: Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah Kajian Literatur. Hasil: Dalam tinjauan literatur ini, ditemukan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality akan membantu menarik perhatian anak-anak karena dapat mempresentasikan secara virtual tiga dimensi dan real time secara interaktif mengenai materi kesehaan gigi yang disampaikan sehingga anak-anak dapat lebih paham dan mengerti tentang materi yang ditampilkan. Kesimpulan: Media pembelajaran berbasis AR bisa menjadi alternatif penyampaian meteri kepada peserta didik karena anak-anak lebih tertarik dan antusias melihat sebuah visual yang dikemas dengan teknologi informasi maupun animasi.
Kata kunci: Media, Augmented Reality, Kesehatan Gigi dan Mulut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:52
Last Modified: 20 Dec 2021 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11721

Actions (login required)

View Item
View Item