PENERAPAN COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH (CALLA) SEBAGAI SEBUAH MODEL INSTRUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TULISAN SISWA


MARTISA, ELA (2013) PENERAPAN COGNITIVE ACADEMIC LANGUAGE LEARNING APPROACH (CALLA) SEBAGAI SEBUAH MODEL INSTRUKSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TULISAN SISWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
elamartisa-3375-1-13-elam-6 cover1.jpg

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
elamartisa-3375-1-13-elam-6 1-2.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
elamartisa-3375-1-13-elam-6 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
elamartisa-3375-1-13-elam-6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
ELA MARTISA. Penerapan Cognitive Academic Language Learning
Approach (CALLA) sebagai sebuah model instruksi untuk Meningkatkan
Kualitas Tulisan Siswa (Dibimbing oleh Hamzah Machmoed dan
Burhanuddin Arafah)
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menerapkan Instruksi
Model CALLA untuk meningkatkan kualitas tulisan siswa dalam
pengajaran, untuk mengetahui pengaruh metode tersebut dan untuk
mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model pembelajaran
CALLA pada siswa SMA kelas X.
Sebuah studi kuasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test group
design diterapkan pada 60 siswa SMA. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok
yaitu kelompok eksperimen (n = 30) dan kelompok kontrol (n = 30).
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kabawo, Kabupaten Muna, Sulawesi
Tenggara. Tulisan siswa yang berbentuk recount text pada pre-test dan
post-test dianalisis oleh tiga penilai dengan menggunakan ESL
Composition Profile yang diusulkan oleh Jacobs dkk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
antara nilai pre-test dan post-test dari kualitas tulisan siswa dalam hal
content, organisation, vocabulary, language use dan mechanics.
Ditemukan bahwa nilai t- observed adalah 3,017 dan nilai t-tabel adalah
2,021. Ini berarti bahwa t-observed lebih tinggi dari t-tabel dengan nilai
kemaknaan 0,004 (p <0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Instruksi
Model CALLA dapat meningkatkan kualitas tulisan siswa. Juga dapat
disimpulkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap penerapan
Model Pembelajaran CALLA.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 01 Dec 2021 01:34
Last Modified: 01 Dec 2021 01:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11595

Actions (login required)

View Item
View Item