ANALISIS PENGARUH INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI, DAMPAKNYA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA


Islamiah, Nurhidayati (2021) ANALISIS PENGARUH INVESTASI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PENGANGGURAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI, DAMPAKNYA TERHADAP KETIMPANGAN PENDAPATAN DI INDONESIA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P0500316407_disertasi_25-11-20211.png cover.png

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P0500316407_disertasi_25-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P0500316407_disertasi_25-11-2021.pdf dp.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P0500316407_disertasi_25-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung investasi dan pengeluaran pemerintah terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia melalui tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan model persamaan analisis statistika. Jenis data yang digunakan adalah data panel yang merupakan gabungan dari 18 provinsi di wilayah barat dan 13 provinsi diwilayah timur tahun 2003-2019 di Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan metode estimasi persamaan Simultaneous Equation Model (SEM)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang dihasilkan oleh investasi secara langsung dan tidak langsung melalui tingkat pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang dimana berefek terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia wilayah barat yaitu terdapat pengaruh negative dan tidak signifikan secara langsung variable investasi terhadap ketimpangan pendapatan dan berpengaruh positif secara tidak langsung variabel investasi melalui tingkat pengangguran serta berpengaruh negative secara tidak langsung melalui pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan. pengeluaran pemerintah berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap ketimpangan pendapatan dan berpengaruh positif secara tidak langsung variabel pengeluaran pemerintah baik melalui tingkat pengangguran maupun melalui pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan pada wilayah barat Indonesia. Sedangkan pengaruh investasi secara lansung terhadap ketimpangan pendapatan diwilayah timur Indonesia berpengaruh negative dan signifikan dan pengaruh tidak langsung melalui tingkat pengangguran maupun pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap ketimpangan pendapatan pada wilayah timur Indonesia. Pengeluaran pemerintah yang secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan dan berpengaruh positif secara tidak langsung variabel pengeluaran pemerintah melalui tingkat pengangguran serta berpengaruh negative secara tidak langsung melalui pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan pada wilayah timur Indonesia. hasil penelitian ini memberikan gambaran mengenai strategi dalam memaksimalkan potensi investasi dan pengeluaran pemerintah serta realisasi investasi tersebut yang diperuntukkan untuk pertimbangan mencapai pertumbuhan ekonomi, menurunkan rasio pengangguran serta capaian akhir yakni berkurangnya rasio ketimpangan pendapatan. Strategi-strategi yang dapat ditempuh yakni dengan pengembangan potensi sector investasi, pengembangan infrastruktur dan pelayanan, penguatan sumberdaya manusia, serta penguatan regulasi dan kelembagaan antar sektor di Indonesia.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:04
Last Modified: 02 Dec 2021 01:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11579

Actions (login required)

View Item
View Item