Pengembangan Sektor Perikanan Tangkap D\dengan Pendekatan Kapasitas Adaptif Institusional di Kabupaten Kepulauan Selayar


Rizal, Syamsu (2021) Pengembangan Sektor Perikanan Tangkap D\dengan Pendekatan Kapasitas Adaptif Institusional di Kabupaten Kepulauan Selayar. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P022171101_tesis_25-11-20211.png cover.png

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P022171101_tesis_25-11-2021.pdf 1-2.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P022171101_tesis_25-11-2021.pdf dp.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P022171101_tesis_25-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam menghadapi masalah peralihan kewenangan pemerintah daerah serta ketersediaan sumberdaya perikanan tangkap yang semakin terbatas membutuhkan kapasitas adaptif institusional terkait dalam rangka pengembangan sektor perikanan tangkap di Kabupaten Kepulauan Selayar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kondisi daya saing sektor perikanan tangkap, menilai kapasitas adaptif institusional pemerintah daerah dalam pengembangan sektor perikanan tangkap, serta merumuskan strategi pengembangan sektor perikanan tangkap Kabupaten Kepulauan Selayar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan analisis Location Quetiont (LQ) dan Shift Share (SS) untuk mengetahui daya saing sektor perikanan tangkap, analisis kapasitas adaptif institusional untuk mengetahui bagaimana kemampuan institusi terkait dalam hal ini Dinas Perikanan dalam menghadapi masalah peralihan kewenangan pemerintah daerah dan ketersediaan sumberdaya perikanan tangkap yang semakin terbatas serta analisis SWOT untuk merumuskan strategi pengembangan sektor perikanan tangkap dengan berdasarkan kapasitas adaptif institusional.
Hasil dari penelitian ini adalah sektor perikanan tangkap di Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan sektor basis, namun secara pertumbuhan kurang maju dan lambat serta secara daya saing masih kalah bersaing dengan produk dari luar. Kapasitas adaptif institusional pemerintah daerah menunjukkan bahwa cenderung negatif dengan nilai rata-rata kapasitas adaptif sebesar -0,02. Selanjutnya nilai koordinat matiks grand strategy menghasilkan 0,91 dan 0,74, sehingga strategi pengembangan yang direkomendasikan adalah dengan menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada. Adapun alternatif strategi yang direkomendasikan adalah menggunakan keunggulan komparatif yang dimiliki sektor perikanan tangkap Kabupaten Kepulauan Selayar dengan memanfaatkan dukungan legitimasi perencanaan dari tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, menggunakan dukungan kebijakan dari pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan memanfaatkan dukungan infrastruktur yang dikelola oleh tingkat regional Sulawesi Selatan dan pusat serta memanfaatkan strategi dan kebijakan yang telah dirumuskan secara baik dengan menggunakan kebijakan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang produktif sebagai tujuan jangka panjang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:03
Last Modified: 02 Dec 2021 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11575

Actions (login required)

View Item
View Item