STUDI KARAKTERISTIK PEDESTRIAN PADA MANAJEMEN LALU LINTAS DI KAMPUS UNHAS TAMALANREA


Dariman, Rangga Trisaputra (2021) STUDI KARAKTERISTIK PEDESTRIAN PADA MANAJEMEN LALU LINTAS DI KAMPUS UNHAS TAMALANREA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D11116320_skripsi_15-11-2021 Cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D11116320_skripsi_15-11-2021 bab 1-2.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D11116320_skripsi_15-11-2021 dapus.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D11116320_skripsi_15-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pejalan kaki merupakan istilah dalam transportasi yang digunakan untuk menjelaskan orang yang berjalan di lintasan pejalan kaki baik dipinggir jalan, trotoar, lintasan khusus bagi pejalan kaki ataupun menyeberang jalan. Kampus UNHAS Tamalanrea merupakan salah satu kampus dengan tingkat pejalan kaki yang cukup besar. Disebabkan karena Kampus UNHAS Tamalanrea merupakan salah satu kampus dengan aktivitas harian dan tingkat kepadatan cukup tinggi. Hal ini diakibatkan salah satunya oleh kondisi karakteristik pedestrian kampus UNHAS yang bukan hanya mahasiswa. Dengan demikian salah satu dukungan yang paling prioritas diperlukan dalam proses penjangkauan antara satu tempat dengan tempat yang lain adalah adanya sarana dan prasarana yang memadai.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik pejalan kaki Kampus UNHAS Tamalanrea, menganalisis kondisi eksisting jalur pedestrian di Kampus UNHAS Tamalanrea, dan menganalisis model hubungan volume - kecepatan, kepadatan – volume dan kepadatan – kecepatan yang sesuai dengan kondisi aktual arus pejalan kaki.
Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea. Adapun lokasi penitian yaitu pada titik 1 di Pintu 1, titik 2 di Pintu 2, dan titik 3 di Workshop. Teknik pengumpulan data terbagi dua yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Observasi, yaitu melakukan survei secara langsung pada jalur pedestrian di kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea untuk memperoleh data-data yaitu kondisi eksisting pedestrian di kampus UNHAS Tamalanrea, dan karakteristik pedestrian di kampus UNHAS Tamalanrea. Sedangkan data sekunder meliputi peta lokasi penelitian pada jalur pedestrian di kampus Universitas Hasanuddin Tamalanrea.
Adapun data yang telah dikumpulkan untuk mengetahui kondisi eksiting, karakteristik pejalan kaki yang kemudian diolah dengan bantuan Ms. Excel maka diperoleh kesimpulan kondisi eksisting, karakteristik pejalan kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:09
Last Modified: 30 Nov 2021 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11524

Actions (login required)

View Item
View Item