REKAYASA MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI Covid -19


Riswanti, Riswanti (2021) REKAYASA MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA DI MASA PANDEMI Covid -19. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102191023_tesis_19-10-2021 cover1.png

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P102191023_tesis_19-10-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102191023_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102191023_tesis_19-10-2021 dp.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RISWANTI. Rekayasa Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Keterampilan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid -19. (Dibimbing Oleh Madiana Ahmad
Dan Syarifuddin Syarif ).

Peneliti ini bertujuan mengetahui pengaruh modul pembelajaran asuhan persalinan kala II berbasis web terhadap peningkatan keterampilan mahasiswa D-III Kebidanan.
Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu R&D dan Kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dilaksanakan di STIkes Nani Hasanuddin di bulan Februari-Maret 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa DIII kebidanan semester IV sebanyak 60 orang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan intervensi masing-masing berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan uji. Uji McNemar Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pembelajaran modul askeb II persalinan dicombain dengan praktik dan demonstrasi untuk kelompok intervensi, sementara kelompok kontrol melakukan demonstrasi menggunakan penuntun belajar askeb II yang tersedia. Modul diakses dan dipelajari selama 3 pekan, lama belajar 4-5 kali dalam seminggu, durasi 2 jam.
Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata kelompok intervensi mahasiswa yaitu 70 dengan jumlah lulus sebanyak 11 mahasiswa (36,70%) dan tidak lulus sebanyak 19 mahasiswa (63,33%) Pada posttest didapati nilai rata-rata 83 dengan jumlah lulus sebanyak 28 orang (93,33%) dan tidak lulus sebanyak 2 orang (6,70%). Sedangkan pada kelompok kontrol pretest nilai rata-rata 71 dengan jumlah lulus sebanyak 12 orang (40%) dan tidak lulus 18 orang (60%). Pada posttest didapati nilai rata-rata 76 dengan jumlah lulus sebanyak 20orang (66,70%) dan tidak lulus sebanyak 10 orang (33,30%).
Berdasarkan hasil tersebut bahwa ada perbedaan hasil pembelajaran mahasiswa setelah menggunakan Modul Pembelajaran Asuhan Persalinan Normal Kala II berbasis Web sehingga Modul Pembelajaran Asuhan Persalinan Normal Kala II berbasis Web lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan asuhan persalinan normal kala II.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: modul, askeb II, berbasis web
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 30 Nov 2021 01:09
Last Modified: 23 Feb 2022 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item
View Item