PEMBUATAN LABEL INDIKATOR SEBAGAI ELEMEN KEMASAN CERDAS (Smart Packaging) UNTUK MEMONITOR MUTU BUAH PAPRIKA MERAH (Capsicum annum var-grossum)


LUTHFIANI, SALSABILA (2021) PEMBUATAN LABEL INDIKATOR SEBAGAI ELEMEN KEMASAN CERDAS (Smart Packaging) UNTUK MEMONITOR MUTU BUAH PAPRIKA MERAH (Capsicum annum var-grossum). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G31116505_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G31116505_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G31116505_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G31116505_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SALSABILA LUTHFIANI (NIM. G31116505). Pembuatan Label Indikator sebagai Elemen Kemasan Cerdas (Smart Packaging) untuk Memonitor Mutu Buah Paprika Merah (Capsicumannuum var-grossum). Dibimbing oleh ANDI DIRPAN dan MULIYATI M. TAHIR.
Paprika memiliki beberapa jenis dan warna. Paprika dapat dikelompokkan berdasarkan warna utama yaitu hijau, kuning dan merah. Paprika merah merupakan paprika yang memiliki kematangan yang sempurna dan memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jenis paprika lainnya. Selain itu, paprika juga termasuk produk pangan yang mudah rusak. Cara meminimalisir kerusakan tersebut yaitu dengan menggunakan kemasan cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan konsumen mengetahui kualitas buah paprika merah dan memudahkan dalam memilih buah sesuai tingkat kesegaran yang diinginkan tanpa harus merusak kemasannya. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap, pertama-tama yaitu penyiapan larutan warna yang direndam selama 24 jam. Kemudian diaplikasikan ke kemasan cerdas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larutan indikator yang tepat dalam pembuatan label indikator smart packaging pada buah paprika merah yaitu bromphenol blue dengan 24 jam waktu perendaman. Indikator warna yang telah diterapkan pada kemasan mengalami perubahan warna dari warna kuning menjadi ungu yang dapat terlihat dengan kasat mata. Warna kuning pada indikator mencerminkan tingkat kesegaran buah paprika merah. Sedangkan perubahan warna indikator menjadi warna kuning kehijauan menunjukkan buah kurang segar yang ditandai oleh penurunan kekerasan dan perubahan warna menjadi ungu menunjukkan buah telah mulai mengalami pembusukan. Perubahan warna indikator berbanding lurus dengan perubahan pada beberapa parameter yaitu total asam, vitamin C, kadar air, pH, total padatan terlarut, kekerasan dan uji organoleptik yang biasanya berfungsi untuk mengkarakterisasi kesegaran buah. Secara umum indikator ini bias digunakan sebagai kemasan cerdas (smart packaging).
Kata kunci : buah paprika merah, bromphenol blue, indikator kesegaran, kemasan cerdas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Nov 2021 01:45
Last Modified: 29 Nov 2021 01:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11464

Actions (login required)

View Item
View Item