ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BENIH PADI FREE MARKET PADA PT. PERTANI (PERSERO) CABANG SULAWESI SELATAN


SABRINI. S, MUTYA ANGGI (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BENIH PADI FREE MARKET PADA PT. PERTANI (PERSERO) CABANG SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116512_skripsi_05-11-2021 Cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116512_skripsi_05-11-2021 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116512_skripsi_05-11-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116512_skripsi_05-11-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Mutya Anggi Sabrini. S (G211 16 512) Analisis Strategi Pemasaran Benih Padi Free Market Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Selatan dibawah bimbingan Dr. Ir. Saadah, M.Si dan Ni Made Viantika S., S.P., M.Agb.
Sebagai salah satu perusahaan di bidang agroindustri yang salah satu bidang usahanya adalah produksi dan distribusi benih berkualitas, kegiatan pemasaran menjadi ujung tombak keberhasilan dan kesuksesan PT. Pertani (Persero). Berhasil tidaknya kegiatan pemasaran sangat ditentukan oleh strategi pemasaran yang dijalankan dengan sebelumnya menganalisa posisi produk pada perusahaan tersebut dibandingkan dengan pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi variabel-variabel yang terdapat pada lingkungan eksternal dan internal yang dihadapi serta menganalisis alternatif strategi yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan benih padi Free Market pada PT. Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Selatan dengan menggunakan teknik penelitian SWOT, Matriks IFAS dan EFAS. Metode pengolahan dan analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan konsep manajemen strategi pemasaran dengan memperhitungkan perubahan lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah Lingkungan Internal PT. Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Selatan berupa: (1) kekuatan yaitu memiliki visi, misi dan tujuan yang spesifik sehingga dapat menjadi acuan bagi perusahaan dalam pengembangan usaha. (2) kelemahan utama ialah promosi benih padi free market tidak maksimal dikarenakan kendala modal. Sedangkan, lingkungan eksternal PT. Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Selatan berupa: (1) Peluang terbesar antara lain adanya kerjasama yang dapat ditawarkan kepada petani berupa tersedianya Benih Sumber. (2) Ancaman prusahaan ialah adanya pesaing dengan harga miring. Hasil analisis matriks SWOT yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan menghasilkan sepuluh alternatif strategi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:57
Last Modified: 25 Nov 2021 03:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11461

Actions (login required)

View Item
View Item