KALMASYARI, KALMASYARI (2013) MANAJEMEN PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BAHASA DAERAH DI SMP NEG. 3 TANETE RILAU, KAB. BARRU. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
kalmasyari-3241-1-13-kalm-a cover.jpg
Download (201kB) | Preview
kalmasyari-3241-1-13-kalm-a 1-2.pdf
Download (380kB)
kalmasyari-3241-1-13-kalm-a dapus.pdf
Download (1MB)
kalmasyari-3241-1-13-kalm-a.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
KALMASYARI. Manajemen Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah di
SMP Neg. 3 Tanete Rilau, Kab. Barru (dibimbing oleh Rahmat Muhammad
dan R.S.M. Assagaf).
Proses pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan yang kompleks yang
meliputi berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain dan hendaknya
dilaksanakan secara terencana. Oleh karena itu, berbagai komponen perlu dikaji
dan dikembangkan sehingga mekanisme antara komponen itu secara menyeluruh
dapat membawa hasil yang maksimal sehingga tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan. Salah satu faktor yang
memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran adalah manajemen pembelajaran,
sebaliknya penyebab yang sangat mendasar terhadap ketidakberhasilan sebuah
pembelajaran itu terletak dari keterpurukan dari manajemen pembelajaran
tersebut. Demikian pula halnya dengan manajemen pembelajaran muatan lokal
bahasa daerah yang seyogianya mendapat perhatian lebih sebagai salah satu
kekayaan dan identitas daerah yang perlu dilestarikan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran
muatan lokal bahasa daerah yang diterapkan di SMP Neg. 3 Tanete Rilau,
Kab.Barru, serta faktor pendukung dan penghambat penerapannya.Untuk
mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dan pengumpulan data diperoleh melalui metode observasi, wawancara
(interview) dengan bentuk wawancara terbuka (open interview), dan metode
dokumenter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran muatan
lokal bahasa daerah yang diterapkan di SMP Neg. 3 Tanete Rilau terlaksana
dengan baik, hal itu dibuktikan dengan perencanaan yang dilakukan dengan
matang, pengorganisasian yang tepat, penggerakan yang efektif, serta pengawasan
yang efektif. Hampir tidak ada kendala atau hambatan dalam penerapannya karena
didukung oleh banyak faktor, seperti SDM yang berkualitas, kelengkapan sarana
dan prasarana, media dan sumber belajar, serta didukung oleh sikap positif
pimpinan terhadap pengembangan kualitas pembelajaran muatan lokal bahasa
daerah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 05:31 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 05:31 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11256 |