EVALUASI MUTU PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN LENGTH OF STAY (LOS), HOSPITAL COST, DAN READMISSION PADA PASIEN BPJS DI RSU ANUTAPURA PALU


HIJRAH, HIJRAH (2021) EVALUASI MUTU PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN LENGTH OF STAY (LOS), HOSPITAL COST, DAN READMISSION PADA PASIEN BPJS DI RSU ANUTAPURA PALU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C012171048_tesis_19-10-2021 Cover1.jpg

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C012171048_tesis_19-10-2021 Bab 1-2.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C012171048_tesis_19-10-2021 Dapus-lamp.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C012171048_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan perorangan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam menunjang terselenggaranya upaya kesehatan. Sebagai organisasi dengan karakteristik yang kompleks, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas bagi masyarakat. Rumah sakit tidak cukup hanya menawarkan konsep pelayanan asalkan aman, tetapi juga perlu menawarkan pelayanan dengan hasil yang maksimal, dan memberikan kepuasan dengan standar profesional yang tinggi. Kualitas atau citra rumah sakit tergantung pada pelayanan medis dan pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan: Mengevaluasi kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien BPJS. Metode: Metode campuran menggunakan desain eksplanatori sekuensial. Hasil: Identifikasi pada 5 penyakit high volume menunjukkan indikator length of stay yang bervariasi pada deskripsi penyakit yang sama dengan kategori 1-3 hari, 4-5 hari, 6-9 hari, bahkan >10 hari, selisih rugi bagi rumah sakit pada tiga deskripsi penyakit yaitu operasi pembedahan caesar (ringan), persalinan vaginal (ringan), gangguan sistem pencernaan lain-lain (ringan), dan angka kejadian readmission sebesar 769 dari 10.118 admisi selama periode tahun 2020. Kesimpulan: Hasil pelayanan kesehatan belum mencapai efektivitas dan efisiensi standar mutu pelayanan kesehatan rumah sakit.
Kata kunci: Evaluasi, kualitas pelayanan kesehatan, lama rawat inap, biaya rumah sakit, rawat inap kembali.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Nov 2021 05:25
Last Modified: 26 Nov 2021 05:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11233

Actions (login required)

View Item
View Item