ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN SISTEM PENGENDALIAN PIUTANG PADA PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR


RETNO HAYATI, ANGGRAENY (2012) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DAN SISTEM PENGENDALIAN PIUTANG PADA PT. PELABUHAN INDONESIA IV (PERSERO) CABANG TERMINAL PETIKEMAS MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
dedyyantor-3219-1-lengkap cover.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
dedyyantor-3219-1-lengkap dapus.pdf

Download (6kB)
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
dedyyantor-3219-1-lengkap 1-2.pdf

Download (835kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
dedyyantor-3219-1-lengkap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RINGKASAN
Anggraeny Retno Hayati. 2012. Analisis Efektivitas Pengelolaan dan Sistem
Pengendalian Piutang pada PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Cabang Terminal
Petikemas Makassar. (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Cepi Pahlevi, SE., M.Si dan Hj.
Andi Ratna Sari Dewi , SE, M.Si) Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas
Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pengelolaan dan sistem
pengendalian piutang yang diterapkan oleh perusahaan, untuk menganalisis kebijakan
pengelolaan piutang sehingga dapat mengurangi jumlah piutang tak tertagih (bad debt).
Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Receivable Turn Over (RTO), Avarage
Collection Period (ACP), Rasio Penagihan dan Rasio Tunggakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Pelabuhan Indonesia
IV (Persero) Cabang Terminal Petikemas Makassar masih belum optimal dan efektif
dalam mengelolah dan mengendalikan piutang usahanya, hal ini dilihat dari perhitungan
ACP perusahaan yang hasilnya masih jauh dari standar hari yang ditetapkan sebagai
standar kredit perusahaan. Jika nilai ACP lebih kecil atau sama dengan standar hari
yang ditetapkan perusahaan, berarti pengendalian piutang dapat dikatakan berhasil.
Sebaliknya, jika beberapa pelanggan kredit melakukan penunggakan atau melanggar
standar kredit yang ditetapkan perusahaan atau bagian administrasi / penatausahaan
piutang belum melakukan tugasnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 25 Nov 2021 23:09
Last Modified: 25 Nov 2021 23:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item
View Item