EVALUASI METODE PEMBELAJARAN KLINIK TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING, PRESTASI AKADEMIK, DAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROFESI NERS DI PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA MAKASSAR


SAPENI, MUHAMMAD AL-AMIN R. (2020) EVALUASI METODE PEMBELAJARAN KLINIK TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING, PRESTASI AKADEMIK, DAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROFESI NERS DI PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
R012181016_tesis_ cover.png

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
R012181016_tesis_ 1-2.pdf

Download (812kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
R012181016_tesis_ dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of fulltext] Text (fulltext)
R012181016_tesis_02-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi metode pembelajaran klinik terhadap kemampuan critical thinking, prestasi akademik, dan kelulusan ujian kompetensi mahasiwa profesi ners. Metode : Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Multimethod. Penelitian ini terdiri dari 2 fase yaitu fase 1 penelitian survey analitik dan fase 2 penelitian kualitatif. Tehnik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 306 responden dan 16 partisipan. Penelitian dilaksanakan di 4 perguruan tinggi swasta di kota makassar. Analisis data menggunakan tehnik analisis chi-square, pearson chi-square, tehnik analisis tematik. Hasil : Hasil penelitian survey analitik menunjukkan penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan tidak memiliki hubungan dengan kemampuan critical thinking mahasiswa profesi ners (>0,05). Penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan tidak memiliki hubungan dengan prestasi akademik mahasiswa profesi ners (>0,05). Penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan memiliki hubungan dengan kelulusan ujian kompetensi mahasiswa profesi ners (<0,05). Hasil penelitian kualitatif terdapat 4 tema pada kelompok pengajar yaitu metode-metode pembelajaran klinik, proses bimbingan pembelajaran klinik, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran klinik, dan pencapaian kompetensi pembelajaran klinik. Terdapat 3 tema pada kelompok mahasiswa yaitu pengalaman bimbingan pembelajaran klinik, efektifitas metode pembelajaran klinik, dan evaluasi penerepan pembelajaran klinik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran klinik, mahasiswa profesi ners, berpikir kritis, prestasi akademik, ujian kompetensi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: andi Sitti aisyah
Date Deposited: 11 Dec 2020 06:41
Last Modified: 11 Dec 2020 06:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item
View Item