SAPENI, MUHAMMAD AL-AMIN R. (2020) EVALUASI METODE PEMBELAJARAN KLINIK TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING, PRESTASI AKADEMIK, DAN KELULUSAN UJIAN KOMPETENSI MAHASISWA PROFESI NERS DI PERGURUAN TINGGI SWASTA KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
R012181016_tesis_ cover.png
Download (219kB) | Preview
R012181016_tesis_ 1-2.pdf
Download (812kB)
R012181016_tesis_ dapus.pdf
Download (1MB)
R012181016_tesis_02-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
Tujuan : Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi metode pembelajaran klinik terhadap kemampuan critical thinking, prestasi akademik, dan kelulusan ujian kompetensi mahasiwa profesi ners. Metode : Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Multimethod. Penelitian ini terdiri dari 2 fase yaitu fase 1 penelitian survey analitik dan fase 2 penelitian kualitatif. Tehnik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 306 responden dan 16 partisipan. Penelitian dilaksanakan di 4 perguruan tinggi swasta di kota makassar. Analisis data menggunakan tehnik analisis chi-square, pearson chi-square, tehnik analisis tematik. Hasil : Hasil penelitian survey analitik menunjukkan penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan tidak memiliki hubungan dengan kemampuan critical thinking mahasiswa profesi ners (>0,05). Penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan tidak memiliki hubungan dengan prestasi akademik mahasiswa profesi ners (>0,05). Penerapan metode pembelajaran klinik conference, bed-side teaching, penugasan, dan ronde keperawatan memiliki hubungan dengan kelulusan ujian kompetensi mahasiswa profesi ners (<0,05). Hasil penelitian kualitatif terdapat 4 tema pada kelompok pengajar yaitu metode-metode pembelajaran klinik, proses bimbingan pembelajaran klinik, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran klinik, dan pencapaian kompetensi pembelajaran klinik. Terdapat 3 tema pada kelompok mahasiswa yaitu pengalaman bimbingan pembelajaran klinik, efektifitas metode pembelajaran klinik, dan evaluasi penerepan pembelajaran klinik.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran klinik, mahasiswa profesi ners, berpikir kritis, prestasi akademik, ujian kompetensi |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | andi Sitti aisyah |
Date Deposited: | 11 Dec 2020 06:41 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:44 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1121 |