HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT TAHUN 2012


DESTRIMAWASITA A. TJINTA, ANDI (2012) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN MAJENE SULAWESI BARAT TAHUN 2012. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
andidestri-3131-1-1skripsi 1-2.pdf

Download (933kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
andidestri-3131-1-1skripsi cover1.jpg

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
andidestri-3131-1-1skripsi dapus.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
andidestri-3131-1-1skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Universitas Hasanuddin
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Skripsi, Maret 2012
ANDI DESTRIMAWASITA A. TJINTA
K III 08 563
“HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN
PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN
MAJENE SULAWESI BARAT TAHUN 2012”
xi + 69 Halaman + 13 Tabel + lampiran
Kualitas layanan kesehatan yang terdiri dari Service Quality/kualitas
layanan dengan lima indikator yakni tangible (kenyataan), empathy (empati),
responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan/kepastian), dan reability
(kehandalan), Product Quality/kualitas produk dengan dua indikator durability
(ukuran masa pakai), estetika (karakteristik bangunan) serta Cost Quality/kualitas
biaya dengan dua indikator yakni biaya penilaian dan biaya kegagalan yang
merupakan kualitas utama dalam melihat tingkat kepuasan pasien rawat inap di
RSUD Kabupaten Majene.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan
kesehatan dengan kepuasan pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum
Daerah Kabupaten Majene.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional
study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan variable independen dengan
dependen dimana pengukuran antara sebab dan akibat dalam waktu yang sama.
jumlah sampel 90 responden dengan menyebarkan kuisioner serta menggunakan
teknik accidental sampling yaitu pengambilan sampel dengan jalan mengambil
individu siapa saja yang dapat dijangkau atau ditemui selama mendapatkan
pelayanan di rawat inap RSUD Kabupaten Majene.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara service
quality/mutu layanan dengan kepuasan pasien dimana nilai p (value)= 0,000 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,614 yang berarti hubugan kuat. Terdapat
pula hubungan antara product quality/kualitas produk dengan kepuasan pasien
dimana nilai p (value)= 0,001 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,410 yang
berarti hubugan sedang, dan cost quality/kualitas biaya dengan kepuasan pasien
dimana nilai p (value)= 0,000 dengan nilai kekuatan hubungan (φ) 0,494 yang
berarti hubungan sedang.
Melalui penelitian ini disarankan hendaknya pihak rumah sakit lebih
memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperhatikan
service quality/mutu layanan terutama pada saat petugas kesehatan memeriksa
pasien,dan product quality/kualitas produk dalam hal adanya kejelasan informasi
penggunaan obat serta cost quality/kualitas biaya dimana adanya jaminan biaya
jika terjadi kesalahan yang diakibatkan oleh petugas kesehatan agar kepuasan
pasien di RSUD Kabupaten Majene terpenuhi sesuai harapan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Jumlah Pustaka : 23 (1996-2011)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Nov 2021 00:57
Last Modified: 22 Nov 2021 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item
View Item