KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN PADA RS UMUM AISYIYAH ST. KHADIJAH PINRANG


SYAMSUDDIN, KHADIJAH (2021) KESIAPSIAGAAN PENANGGULANGAN BENCANA KEBAKARAN PADA RS UMUM AISYIYAH ST. KHADIJAH PINRANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011171530_skripsi cover1.jpg

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011171530_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011171530_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (659kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011171530_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

KHADIJAH SYAMSUDDIN. “PENCEGAHAN DAN KESIAPSIAGAAN PENANG-GULANGAN BENCANA KEBAKARAN PADA RUMAH SAKIT AISYIYAH ST. KHADIJAH PINRANG”
Bangunan rumah sakit merupakan salah satu gedung yang memiliki resiko terjadi kebakaran dan apabila terjadi kebakaran akan membawa dampak yang sangat luas. Dalam penggolongan risiko kebakaran, rumah sakit termasuk klasifikasi ringan namun rumah sakit tetap berpotensi terjadinya kebakaran pada skala besar mengingat aktivitas rumah sakit yang menggunakan daya listrik yang besar karena beroperasi 24 jam, menggunakan tabung-tabung gas bertekanan dan menggunakan bahan bahan kimia yang mudah terbakar dan meledak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran pada RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi penelitian ini yaitu seluruh pekerja di RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang yang berjumlah 124 orang dengan sampel yang diambil berdasarkan total samplimh dengan jumlah 124 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan univariat dan bivariate dengan menggunakan uji fisher dan likelihood sebagai alternative uji chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p=0.005), Tindakan (p=0.000) dengan kesiapsiagaan pada RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang, serta tidak ada hubungan antara sikap (p=0.197), pelatihan (p=0.320) dengan kesiapsiagaan pada RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang, dan ketersediaan alat proteksi kebakaran termasuk dalam kategori kesiapan lemah Penelitian ini menyarankann kepada pihak RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang untuk lebih memperhatikan dan menyediakan alat pemadam kebakaran disetiap sudut rumah sakit serta lebih memperhatikan emergency exit bagi pasien, pengunjung dan petugas RS Aisyiyah St. Khadijah Pinrang.
Kata Kunci : Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:31
Last Modified: 19 Nov 2021 02:31
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10929

Actions (login required)

View Item
View Item