PENGARUH CULTURE VALUES SUKU TORAJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PERAWAT DI RUMAH SAKIT ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA


K., Irawati (2021) PENGARUH CULTURE VALUES SUKU TORAJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PERAWAT DI RUMAH SAKIT ELIM RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K022191030_tesis cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
K022191030_tesis bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
K022191030_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
K022191030_tesis dapus-lamp.pdf

Download (535kB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
IRAWATI K. Pengaruh Culture Values Suku Toraja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Perawat Di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara (Dibimbing oleh Indahwaty Siddin dan Fridawaty Rivai)
Masyarakat Toraja sangat menjaga adat istiadat tradisi para leluhur, mereka percaya bahwa adat istiadat merupakan bagian dari kehidupan suku toraja, sehingga perlu dijaga kelestarian dan keberadaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan culture values suku Toraja dalam kehidupan sehari-hari, menganalisis pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Power Distance, dimensi Uncertainty Avoidance, dimensi Individualism vs Collectivism, dimensi Masculinity vs Feminimity, dan dimensi Long Term vs Short Term terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, dan menganalisis dimensi culture values manakah yang paling berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan mixed method yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian kuantitatif menggunakan sampel sebanyak 136 perawat dan pada penelitian kualitatif menggunakan sebanyak 3 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Power Distance terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, ada pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Uncertainty Avoidance terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, ada Pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Collectivism terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, tidak ada pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Masculinity terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, tidak ada pengaruh culture values suku toraja pada dimensi Long Term Orientation terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat, dan dimensi power distance merupakan dimensi paling berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior perawat di Rumah Sakit Elim Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Oleh karena itu, disarankan untuk manajemen rumah sakit agar lebih mengexplore lagi culture values suku Toraja, yang selama ini telah diterapkan sebagai nilai-nilai budaya dan prinsip dalam meningkatkan kinerja para karyawan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Culture Values, Suku Toraja, Organizational Citizenship Behavior
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:10
Last Modified: 19 Nov 2021 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10896

Actions (login required)

View Item
View Item