EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBINAAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II MAROS


Jannah, Miftahul (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBINAAN BAGI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II MAROS. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012192032_tesis_19-10-2021 COVER1.png

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012192032_tesis_19-10-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012192032_tesis_19-10-2021 DP.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012192032_tesis_19-10-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas program
pembinaan bagi anak didik pemasyarakatan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pembinaan bagi anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II
Maros.
Tipe penelitian yang digunakan oleh penulis adalah tipe penelitian hukum empiris. Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros. Bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer yaitu data yang diperoleh langsung berupa hasil wawancara dan bahan hukum sekunder yaitu data melalui studi kepustakaan seperti
literatur, buku, jurnal dan perundang-undangan. Bahan hukum tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa, (1). Program pembinaan bagi Anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros belum berjalan efektif karena masih ada kekurangan yaitu belum adanya program kesadaran hukum dan pengadaan pendidikan formal yang berpengaruh terhadap tidak terpenuhinya hak-hak anak didik pemasyarakatan, terlebih lagi masih adanya narapidana dewasa yang sudah seharusnya dipisahkan dari anak.
Lalu pengklasifikasian juga tidak diterapkan sehingga memengaruhi efektivitas program pembinaan bagi Anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Maros. (2). Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pembinaan ialah faktor penegak hukum yaitu petugas LPKA dan faktor sarana prasarana. Peranan seharusnya dari petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak sudah ditegaskan dalam peraturan perundangan-undangan dan petugas sudah
seharusnya menjalankan itu. Peranan aktual dari petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak berdasarkan penelitian masih belum maksimal dikarenakan kualitas dan sumber daya manusia yang masih kurang.
Kemudian mengenai kelengkapan sarana dan prasarana masih banyak yang belum terpenuhi sehingga menghambat terwujudnya program pembinaan yang efektif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:03
Last Modified: 17 Nov 2021 03:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10844

Actions (login required)

View Item
View Item