ALNUR, RANDY SAPUTRA (2021) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MASKER DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEDAGANG DI PASAR NIAGA DAYA KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K11116301_skripsi cover1.jpg
Download (233kB) | Preview
K11116301_skripsi bab 1-2.pdf
Download (1MB)
K11116301_skripsi dapus-lamp.pdf
Download (3MB)
K11116301_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
RANDY SAPUTRA ALNUR “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MASKER DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PEDAGANG DI PASAR NIAGA DAYA KOTA MAKASSAR” Dibimbing oleh Andi Wahyuni, SKM., M. Kes dan Awaluddin, SKM., M. Kes
Pedagang merupakan salah satu kelompok pekerja yang rentan terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dengan resiko pajanan pada kategori sedang, coronavirus dapat ditransmisikan melalui tetesan pernapasan atau kontak dengan permukaan yang terkontaminasi. Penggunaan masker sebagai salah satu alat pelindung diri bagi para pekerja menjadi salah satu bentuk pencegahan dan pengendalian yang dapat membatasi penyebaran virus penyebab penyakit saluran pernapasan, termasuk COVID-19. Perilaku penggunaan masker pada pekerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pengetahuan, umur, ketersediaan media informasi, dukungan rekan kerja dan dukungan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan masker di masa pandemi covid-19 pada pedagang di Pasar Niaga Daya Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Observational analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang responden, serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Pasar Niaga Daya Kota Makassar pada bulan
April 2021. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan program SPSS (Statistic Package for Social Science) dengan analisis data menggunakan uji chi square dan uji fisher exact test.
Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan 3 dari 5 variabel yang memiliki hubungan signifikan terhadap perilaku penggunaan masker yaitu pengetahuan, ketersediaan media informasi, dan dukungan rekan kerja, sedangkan 2 variabel lainnya tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku penggunaan masker yakni umur dan dukungan keluarga. Kesimpulan penelitian ini yaitu, ada hubungan antara pengetahuan, ketersediaan media informasi, dan dukungan rekan kerja dengan perilaku penggunaan masker pada pedagang di Pasar Niga Daya Kota Makassar.
Kata Kunci : COVID-19, APD, Masker, Pekerja, Pedagang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 07:51 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 07:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10765 |