Makkarennu, - and Inda Rahmadani, - (2021) Penerapan Business Model Canvas Pada Pengembangan Usaha Gula Aren: Studi Kasus Di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI) – VOL18 NO. I.
[JBMI 18.1 - 5] 13175-Article Text-46959-4-10-20210620.pdf
Download (436kB)
Abstract (Abstrak)
Gula aren merupakan salah satu produk HHBK yang memiliki peran sangat penting dalam pengembangan HHBK di Indonesia serta dapat menunjang perekonomian masyarakat di sekitar hutan. Desa Mattabulu yang berada di Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, memiliki potensi pengembangan usaha gula aren. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau menyusun strategi pemasaran pada Usaha Gula Aren di Desa Mattabulu. Perumusan strategi dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC), melalui sembilan elemen kunci BMC yakni segmen pelanggan, proporsi nilai, saluran, hubungan pelanggan, arus penerimaan, sumberdaya utama, aktivitas utama, kemitraan utama, dan struktur biaya. Usaha ini masih mempertahankan segmentasi pasar yang sama sejak lama yang hanya bergantung pedagang pengumpul tanpa ada upaya promosi untuk mendapatkan pelanggan baru. Strategi terbaik pada usaha gula aren ini adalah mengubah strategi dengan menangkap peluang pasar, meningkatkan nilai proposinya serta memperluas akses pasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 01:38 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 01:38 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10686 |