Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Permenhub Nomor Pm 12/2019 Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Konsumen


Erwin, - and Taufik Hidayat B, - and Tahawa, - and Suciati, - and Riady Ibnu Khaldun, - (2021) Pengaruh Intervensi Pemerintah Indonesia Melalui Permenhub Nomor Pm 12/2019 Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Konsumen. JURNAL BISNIS, MANAJEMEN, DAN INFORMATIKA (JBMI) – VOL 18 NO. I.

[thumbnail of [JBMI 18.1 - 2] 13575-Article Text-46964-1-10-20210620.pdf] Text
[JBMI 18.1 - 2] 13575-Article Text-46964-1-10-20210620.pdf

Download (313kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi dari Peraturan Menteri PM 12 2019 dan Promosi Penjualan terhadap Kepuasan serta Loyalitas Konsumen pada perusahaan jasa transportasi digital Grab Indonesia. Penelitian ini menggunakan jumlah responden 112 konsumen dari pengguna jasa transportasi digital Grab Indonesia. Instrumen penelitian ini telah melewati tahap uji Validitas dan Reabilitas. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data menggunakan Stuctural Equation Modeling (SEM) dioperasikan menggunakan Analysis of Moment Structural (AMOS). Hasil penelitian pada taraf tingkat kesalahan 5% menunjukkan bahwa karakteristik Intervensi pemerintah melalu Peraturan Menteri PM 12 2019 tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, berbanding terbalik dari hasil kepuasan konsumen, loyalitas konsumen memiliki pengaruh yang signifikan, untuk promosi penjualan terhadap kepuasan konsumen mengungkapkan bahwa karakteristik promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan untuk loyalitas konsumen tidak memiliki pengaruh yang signifikan, dalam pengujian variabel kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen menyatakan bahwa karakteristik kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kekuatan hingga kelemahan intervensi pemerintah dan promosi penjualan akan membuat konsumen merasakan kepuasan dan tetap loyal atau sebaliknya akan membuat konsumen beralih ke pihak penyedia jasa ataupun aplikator serupa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:02
Last Modified: 10 Nov 2021 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item
View Item