PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PROGRAM ASURANSI USAHA TERNAK SAPI (AUTS) DI DESA SELLI KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE


HANDARYANTI, TITI (2021) PERSEPSI PETERNAK TERHADAP PROGRAM ASURANSI USAHA TERNAK SAPI (AUTS) DI DESA SELLI KECAMATAN BENGO KABUPATEN BONE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011171029_skripsi cover1.jpg

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011171029_skripsi bab 1-2.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011171029_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011171029_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)

Abstract (Abstrak)

TITI HANDARYANTI. I011 17 1029. Persepsi Peternak terhadap Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Desa Selli Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Dibimbing oleh : Tanrigiling Rasyid dan Veronica Sri Lestari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Peternak terhadap Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Desa Selli Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2021, di Desa Selli Kecamatan Bengo Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yaitu peternak sapi yang mengikuti program Asuransi Usaha Ternak Sapi di Desa Selli sebanyak 35 peternak yang dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan bantuan kuisoner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Persepsi Peternak terhadap Program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) di Desa Selli Kecamatan Bengo Kabupaten Bone berada pada kategori sedang (ragu-ragu) yang terdiri dari dua sub variabel. Persepsi peternak terdahap kinerja petugas dan persepsi peternak terhadap manfaat yang diperoleh berada pada kategori sedang (ragu-ragu), hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala yaitu kurangnya sosialisasi dan pendampingan oleh petugas, informasi yang disebar hanya disampaikan oleh ketua kelompok ternak serta masih kurangnya peternak yang mengalami evenemen sehingga belum melihat bukti yang nyata dari manfaat asuransi ternak. Diharapkan petugas Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat agar program AUTS dan penyuluh lebih meningkatkan pendampingan dan pelatihan kepada peternak yang ikut program AUTS. Pendampingan intensif akan meningkatkan pola pikir peternak menjadi lebih baik dan program AUTS yang diikuti oleh peternak tetap berjalan dengan baik dan berkelanjutan.
Kata Kunci : Persepsi, Peternak, Asuransi Usaha Ternak Sapi, Program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:17
Last Modified: 10 Nov 2021 00:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item
View Item