ANALISIS TREND HARGA AYAM BROILER SELAMA MASA PANDEMI COVID-19


AKBAR, MUHAMMAD ALWI (2021) ANALISIS TREND HARGA AYAM BROILER SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011171005_skripsi cover1.jpg

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011171005_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011171005_skripsi dapus-lamp.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011171005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD ALWI AKBAR. I011 17 1005. Analisis Trend Harga Ayam Broiler Selama Masa Pandemi Covid-19. Dibimbing oleh: Aslina Asnawi dan Siti Nurlaelah
Penduduk Indonesia mengonsumsi ayam sebagai bahan pangan karena ayam mengandung protein yang sangat tinggi. Terlebih lagi dimasa pandemi Covid-19 semua orang dianjurkan untuk memperkuat imunitas tubuh di masa pandemi Covid-19. Namun dimasa pandemi Covid-19 terdapat kebijakan pemerintah dalam membatasi interaksi sosial sehingga pasar dan toko mengalami penutupan yang mengakibatkan harga ayam menjadi turun dikeranakan tidak adanya permintaan terhadap ayam broiler. Perubahan harga tersebut sulit diprediksi mengingat belum pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Oleh karena itu perlu dilakukan ramalan harga yang akan terjadi dimasa yang akan datang berdasarkan harga dimasa lalu serta mengetahu trend dan faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan harga tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui metode peramalan yang tepat digunakan serta mengetahui trend dan faktor yang mempengaruhi harga ayam broiler di Sulawesi Selatan selama masa pandemi Covid-19. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan metode peramalan serta dianalisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode peramalan yang dapat digunakan dalam peramalan harga adalah metode rata-rata bergerak. Hasil dari peramalan tersebut, ditampilkan trend harga ayam yang terjadi berdasarkan data obesrvasi yang sebenarnya serta menganalisis secara deskriptif mengenai faktor yang terjadi terhadap trend harga ayam broiler tersebut. Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan harga ayam ialah, kebijakan pemerintah, kesulitan distribusi ayam, kesulitan distribusi pakan dan harga ayam mengalami penururan.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Peramalan Harga, Trend Harga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:18
Last Modified: 10 Nov 2021 00:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10669

Actions (login required)

View Item
View Item