KONTRIBUSI PEMENUHAN BASIC PSYCHOLOGICAL NEEDS TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SISWA SMA DI KOTA MAKASSAR SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19


Thamrin, Annisa Muslimah Fadhilah (2021) KONTRIBUSI PEMENUHAN BASIC PSYCHOLOGICAL NEEDS TERHADAP SCHOOL ENGAGEMENT SISWA SMA DI KOTA MAKASSAR SELAMA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
Q11116509_skripsi cover1.jpg

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
Q11116509_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
Q11116509_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Q11116509_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Annisa Muslimah Fadhilah Thamrin, Q11116509, Kontribusi Pemenuhan Basic Psychological Needs terhadap School Engagement Siswa SMA di Kota Makassar Selama Mengikuti Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19, Skripsi, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, 2021.
Siswa, yang termasuk dalam masa perkembangan remaja memiliki tugas perkembangan yang sangat penting yaitu mencapai identitas diri. Sekolah sebagai salah satu lingkungan siswa tentunya memiliki peran yang besar dalam membantu siswa menyelesaikan tugas perkembangannya. Oleh karenanya, penting bagi siswa untuk terlibat aktif pada kegiatan sekolah. Keterlibatan siswa dapat dioptimalkan oleh sekolah melalui pemenuhan basic psychological needs. Namun, pada kenyataannya baik basic psychological needs maupun school engagement siswa belum tercapai khususnya pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar kontribusi pemenuhan basic psychological needs terhadap school engagement siswa SMA di Kota Makassar selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneltian non –eksperimen untuk mengtahui hubungan kausalitas antar kedua variabel penelitian melalui prosedur pengujian hipotesis. Subjek penelitian berjumlah 389 siswa SMA yang ada di Kota Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan perolehan nilai kontribusi yang signifikan sebesar 9,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemenuhan basic psychological needs berkontribusi secara signifikan terhadap school engagement siswa sebesar 9,5%. Adapun 90,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca, khususnya kepada siswa, guru, pihak sekolah, serta penyelenggara pendidikan tentang pentingnya memenuhi basic psychological needs siswa untuk dapat meningkatkan engagement siswa di sekolah.
Kata kunci: School engagement, basic psychological needs, siswa, sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 00:43
Last Modified: 10 Nov 2021 00:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item
View Item