PENERAPAN PRINSIP KEADILAN DALAM KESEMPATAN BERUSAHA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DENGAN KEBERADAAN TOKO MODERN = (THE IMPLEMENTATION OF JUSTICE PRINCIPLE IN SMALL AND MEDIUM BUSINESS OPPORTUNITIES WITH MODERN STORE)


INGRATUBUN, BAHARUDIN SALEH (2021) PENERAPAN PRINSIP KEADILAN DALAM KESEMPATAN BERUSAHA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DENGAN KEBERADAAN TOKO MODERN = (THE IMPLEMENTATION OF JUSTICE PRINCIPLE IN SMALL AND MEDIUM BUSINESS OPPORTUNITIES WITH MODERN STORE). Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P0400316415_disertasi cover1.jpg

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P0400316415_disertasi Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P0400316415_disertasi Dapus-lamp.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P0400316415_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

BAHARUDIN SALEH INGRATUBUN (P0400316415), PENERAPAN PRINSIP KEADILAN DALAM KESEMPATAN BERUSAHA BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DENGAN KEBERADAAN TOKO MODERN (Dibimbing oleh Ahmadi Miru, Juajir Sumardi, dan Oky Deviany Burhamzah). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengkaji hakikat keberadaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai pilar ekonomi kerakyatan dan demokrasi ekonomi. 2) mengkaji prinsip keadilan dalam pengaturan hukum kesempatan berusaha bagi UMKM dan Toko Modern. 3) Menemukan formulasi pengaturan hukum yang dapat mendorong keadilan dalam kesempatan berusaha antara UMKM dengan toko modern. Tipe penelitian ini adalah yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan filosofi (philosophy approach), pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan pendekatan kasus (case approach). Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan bertumpu pada data empiris. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hakikat keberadaan UMKM secara konstitusional merupakan pilar demokrasi ekonomi dan ekonomi kerakyatan sesuai Pasal 33 Ayat (4) UUDNRI Tahun 1945; 2) prinsip keadilan dalam kesempatan berusaha antara UMKM dengan Toko Modern dalam peraturan perundang-undangan baru sebatas memberi kesempatan berusaha seluas-luasnya, namun belum mengimplementasikan prinsip keadilan bagi UMKM, khususnya dalam pola kemitraan antara keduanya. Pelaku usaha UMKM di Kota Makassar masih kesulitan memasarkan produknya di gerai toko modern. 3) formulasi pengaturan hukum kedepan dengan cara; 1) pembatasan jarak UMKM dengan toko modern dalam radius tertentu, 2) membangun pola kemitraan strategis antara UMKM dengan toko modern dalam sistem “ZONASI” dengan cara toko modern membantu memasarkan produk UMKM yang berdekatan. serta memfasilitasi tempat bagi produk UMKM di halaman gerai toko modern. Kata Kunci: UMKM, Toko Modern, Prinsip Keadilan Berusaha

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 01:06
Last Modified: 10 Nov 2021 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item
View Item