STRATEGI PENINGKATAN INDEKS PENDIDIKAN SEBAGAI LOKOMOTIF PENDORONG PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR = STRATEGY FOR THE EDUCATION INDEX IMPROVEMENT AS A LOCOMOTIVE OF THE HUMAN DEVELOPMENT INDEX IMPROVEMENT IN SELAYAR ISLAND REGENCY


JAMAL, JALIL SETIAWAN (2021) STRATEGI PENINGKATAN INDEKS PENDIDIKAN SEBAGAI LOKOMOTIF PENDORONG PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR = STRATEGY FOR THE EDUCATION INDEX IMPROVEMENT AS A LOCOMOTIVE OF THE HUMAN DEVELOPMENT INDEX IMPROVEMENT IN SELAYAR ISLAND REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191021_tesis cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022191021_tesis Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022191021_tesis Dapus-lamp.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022191021_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

JALIL SETIAWAN JAMAL. Strategi Peningkatan Indeks Pendidikan sebagai Lokomotif Pendorong Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Kepulauan Selayar (dibimbing oleh Muslim Salam dan A. Nixia Tenriawaru)
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan terhadap beberapa indikator pendidikan, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pendidikan dan merumuskan strategi peningkatan Indeks Pendidikan di wilayah daratan dan wilayah kepulauan pada Kabupaten Kepulauan Selayar.
Penelitian ini menggunakan aplikasi GIS untuk melakukan pemetaan dan menggunakan analisis regresi terhadap data sekunder berbentuk data panel berupa data time series dari tahun 2014 sampai dengan 2019 dan data cross section dari 11 kecamatan untuk mengukur faktor yang berpengaruh terhadap Indeks Pendidikan serta teknik Force Field Analysis untuk merumuskan strategi peningkatan Indeks Pendidikan.
Hasil Penelitian menunjukkan sebagian besar indikator yang dipetakan memiliki capaian pada wilayah kepulauan yang lebih rendah dibandingkan dengan capaian pada wilayah daratan. Selanjutnya, Rasio Guru Siswa SD berpengaruh negatif terhadap Indeks Pendidikan dan Rasio Kelas Siswa SD berpengaruh positif terhadap Indeks Pendidikan. Strategi prioritas peningkatan Indeks Pendidikan di wilayah daratan Kepulauan Selayar adalah (1) peningkatan jumlah dan penyerapan anggaran pendidikan, (2) penyusunan roadmap kebutuhan guru non ASN, (3) pengurangan jumlah guru non ASN. Sedangkan strategi di wilayah kepulauan adalah (1) peningkatan jumlah dan penyerapan anggaran pendidikan, (2) pemerataan guru PNS di kepulauan, (3) membangun komitmen melarang perpindahan guru PNS dari wilayah kepulauan, (4) mengusulkan formasi CPNS pada sekolah di kepulauan, dan (5) menyediakan perumahan dan insentif khusus bagi guru di kepulauan.
Kata Kunci: Indeks Pendidikan; Rasio Guru dan Siswa; Rasio Sekolah dan Siswa; Rasio Kelas dan Siswa; Force Field Analysis, Strategi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:15
Last Modified: 15 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10532

Actions (login required)

View Item
View Item