DAMPAK EKSPANSI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH


BAINTA, FARIED (2021) DAMPAK EKSPANSI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI KECAMATAN KAROSSA KABUPATEN MAMUJU TENGAH. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191006_tesis cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022191006_tesis Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022191006_tesis Dapus-lamp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022191006_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

FARIED BAINTA. Dampak Ekspansi Perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah (dibimbing oleh Mahyuddin dan Kurniaty)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak yang ditimbulkan dari ekspansi perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah dengan menganalisis dua variabel yaitu dampak ekonomi dan dampak lingkungan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan teknik simple random sampling dalam pengumpulan data. Hasil analisis dampak ekonomi diperoleh dari analisis pendapatan usaha tani dan analisis multiflier effect dengan jumlah responden 253 orang. Sedangkan analisis dampak lingkungan diperoleh dari analisis skala litkert dan analisis spasial dengan jumlah responden 76 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk dampak ekonomi, para petani kelapa sawit mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 22.636.045,-/ha/tahun, dan menciptakan multiplier effect sebesar 1,186 terhadap perekonomian wilayah Kecamatan Karossa. Sedangkan untuk dampak lingkungan yang ditimbulkan antara lain : terjadi perubahan kualitas air sungai, polusi udara, dan gangguan terhadap hewan endemik, serta telah terjadi pembukaan lahan sawit pada kawasan hutan lindung. kelapa sawit telah memberikan dampak ekonomi yang baik namun belum maksimal sehingga peran penting pemerintah diperlukan untuk melakukan pembinaan terhadap petani dan semua pihak yang terkait agar dapat memperoleh hasil maksimal dari perkebunan sawit. Selain itu pemerintah juga perlu melakukan pengawasan industri kelapa sawit yang ada di Kecamatan Karossa serta melakukan penertiban dan pengawasan terhadap masyarakat yang membuka lahan perkebunan sawit pada kawasan hutan lindung.
Kata kunci :Dampak Ekonomi, Dampak lingkungan, Kelapa Sawit, Ekspansi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 02:12
Last Modified: 15 Nov 2021 02:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item
View Item