PERENCANAAN RUANG TERBUKA HIJAU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RUANG DI KAWASAN PERKOTAAN MAMUJU = THE PLANNING OF GREEN OPEN SPACE TO IMPROVING THE QUALITY OF SPACE IN URBAN AREA OF MAMUJU


Marsawal, Dian Awaliah (2021) PERENCANAAN RUANG TERBUKA HIJAU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS RUANG DI KAWASAN PERKOTAAN MAMUJU = THE PLANNING OF GREEN OPEN SPACE TO IMPROVING THE QUALITY OF SPACE IN URBAN AREA OF MAMUJU. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191005_tesis cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022191005_tesis Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022191005_tesis Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022191005_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

DIAN AWALIAH MARSAWAL. Perencanaan Ruang Terbuka Hijau Dalam Meningkatkan Kualitas Ruang di Kawasan Perkotaan Mamuju (dibimbing Oleh Hazairin Zubair dan Andang Suryana Soma).
Penelitian ini memberikan arahan pengembangan RTH yang menjadi prioritas di Kawasan Perkotaan Mamuju untuk menjaga kualitas ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan wilayah Kawasan Perkotaan Mamuju, menganalisis kondisi eksisting ruang terbuka hijau, menganalisis sebaran potensi emisi karbondioksida, dan menyusun arahan perencanaan dalam mengembangkan RTH di Kawasan Perkotaan Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis skalogram untuk melihat perkembangan wilayah, identifikasi RTH eksisting dengan menggunakan digitasi Citra Landsat 8 yang dikombinasikan dengan citra resolusi tinggi, dan potensi emisi karbondioksida dengan AHP (skoring dan pembobotan) dan expert judgement untuk mengetahui nilai dan pengaruh 4 (empat) tematik indikator spasial dan ArcGIS 10.8 untuk klasifikasi serta overlay peta.
Hasil dari penelitian ini adalah Kawasan Perkotaan Mamuju terus berkembang dari waktu ke waktu berdasarkan hasil perhitungan data potensi desa/kelurahan tahun 2011 dan 2020, RTH eksisting di Kawasan Perkotaan Mamuju tersebar di 40 titik mencakup RTH Publik dan Privat (kebun campuran, lapangan berumput, dan mangrove) dengan luas 320,04 ha, dan dari analisis potensi emisi karbondioksida dirumuskan arahan perencanaan RTH pada wilayah emisi “tinggi”dan “sangat tinggi” dengan luas total 722,18 ha. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kawasan Perkotaan Mamuju mengalami perkembangan terlihat dari peningkatan jumlah fasilitas di wilayah tersebut dan arahan perencanaan RTH terbesar adalah perencanaan RTH privat dengan luas 354,14 Ha.
Kata Kunci : perencanaan, RTH, Kawasan perkotaan, Kota Mamuju

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:56
Last Modified: 15 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item
View Item