PERTANIAN KOTA DALAM PERSPEKTIF PANGAN, EKONOMI, ESTETIKA, DAN LINGKUNGAN DI KOTA MAKASSAR


HASTUTI, DIAH RETNO DWI (2021) PERTANIAN KOTA DALAM PERSPEKTIF PANGAN, EKONOMI, ESTETIKA, DAN LINGKUNGAN DI KOTA MAKASSAR. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P013171019_disertasi cover1.jpg

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P013171019_disertasi Bab 1-2.pdf

Download (727kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P013171019_disertasi Dapus-lamp.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P013171019_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DIAH RETNO DWI HASTUTI. Pertanian Kota dalam Perspektif Pangan, Ekonomi, Estetika, dan Lingkungan di Kota Makassar (dibimbing Rahim Darma, Darmawan Salman, dan Slamet Santosa).
Penelitian ini bertujuan menganalisis fungsi pertanian kota sebagai penyedia pangan, sumber pendapatan, penambah keindahan, serta penyerap karbon dan penyedia oksigen bagi penduduk Kota Makassar. Sementara metode yang digunakan adalah survei di mana untuk menjawab tujuan pertama dan kedua dipilih metode area sampling. Sementara sampel untuk tujuan ketiga menggunakan metode non-probability sampling yang dilakukan secara daring dan tujuan keempat menggunakan plot contoh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanian kota mampu mencukupi kebutuhan pangan rumah tangga petani, baik dari tanaman pangan maupun sayuran. Akan tetapi, bukan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat kota secara keseluruhan. Begitu pula dengan pendapatan real yang dapat dibelanjakan untuk kebutuhan di luar pertanian masih rendah akibat tingginya produksi yang dikonsumsi sendiri. Sedangkan dari perspektif estetika pertanian ini memberi nilai estetika tinggi bagi masyarakat, baik yang pernah atau tinggal maupun yang belum pernah datang ke Makassar. Pertanian kota ini pun mampu menambah serapan karbon dan menyediakan oksigen bagi penduduknya sebagai salah satu ruang terbuka hijau yang produktif. Oleh karena itu, pertanian kota lebih signifikan dampaknya pada penambah keindahan kota dan penyerap karbon dari sektor lain.
Kata kunci: pertanian kota, pangan, pendapatan real, estetika, lingkungan

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:51
Last Modified: 15 Nov 2021 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item
View Item