ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENGUATAN PEREKONOMIAN DESA DI KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN = Analysis of the Performance of Village-Owned Enterprises in Strengthening the Economy of Village Communities in Maros Regency, South Sulawesi Province


ASIS, ABD. (2021) ANALISIS KINERJA BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENGUATAN PEREKONOMIAN DESA DI KABUPATEN MAROS PROVINSI SULAWESI SELATAN = Analysis of the Performance of Village-Owned Enterprises in Strengthening the Economy of Village Communities in Maros Regency, South Sulawesi Province. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P013171003_disertasi cover1.jpg

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P013171003_disertasi Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P013171003_disertasi Dapus-lamp.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P013171003_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABD.ASIS,2021 Analisis Kinerja Badan Usaha Milik Desa dalam Penguatan Perekonomian Masyarakat Desa di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan (dibimbing oleh Muslim Salam, Ahmad Ramadan Siregar, Rahmadanih)
BUMDES sebagai lembaga ekonomi desa memiliki kontribusi sebagai penyedia pelayanan sosial. Sementara fungsi sebagai lembaga komersial memiliki arti bahwa BUMDES bertujuan untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan menganalisis Perekonomian masyarakat Desa secara langsung dan tidak langsung di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian dilakukan sejak Desember 2019 sampai dengan Juni 2021, terdiri dari 175 responden dari 35 BUMDES aktif. Metode Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif model Structural Equation Modeling (SEM) melalui Partial Least Square (PLS) dengan pengujian utama uji validitas, uji Reliabilitas, dan uji Hipotesis dengan teknik analisis Non-probability sampling. Sumber data wawancara, kuesioner, dan dokumen-dokumen pendukung. Hasil pengujian menunjukkan adanya signifikansi hubungan dari variabel laten Eksogen dengan variabel laten Endogen. Namun masih ada variable lemah seperti ekonomi masyarakat desa tidak signifikan berpengaruh terhadap Pengelolaan BUMDES. Begitu pula Sumberdaya Manusia tidak signifikan berpengaruh terhadap Kinerja BUMDES. Demikian halnya dengan Sumberdaya Manusia Pengurus BUMDES tidak signifkan berpengaruh terhadap Efektivitas BUMDES. Hasil penelitian secara umum menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara Kinerja BUMDES dan Perekonomian Masyarakat Desa, sebagai kesimpulan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Maros Provinsi Sulawesi Selatan berjalan cukup baik, serta sudah berkontribusi nyata kepada masyarakat desa.
Kata kunci: Kinerja, Ekonomi Masyarakat Desa, BUMDES.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:01
Last Modified: 15 Nov 2021 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10494

Actions (login required)

View Item
View Item