KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH PENATAUSAHAAN BARANG MILIK DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN


Abidin, Karim (2021) KUALITAS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH PENATAUSAHAAN BARANG MILIK DAERAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS HASANUDDIN.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A042191012_tesis_01-11-2021 cover1.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A042191012_tesis_01-11-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A042191012_tesis_01-11-2021 dp.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A042191012_tesis_01-11-2021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pembukuan, inventarisasi, pelaporan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Makassar serta menganalisis peran kualitas Teknologi Informasi dalam memoderasi pengaruh pembukuan, inventarisasi, serta pelaporan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Kota Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Pejabat Penatausahaan Keuangan dan Pengurus Barang, serta Pembantu Pengurus Barang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS 2.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembukuan, Inventarisasi, Pelaporan berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kota Makassar. Kualitas teknologi informasi sebagai pemoderasi pengaruh penatausahaan barang milik daerah terhadap kualitas laporan keuangan dilihat dari pembukuan, inventarisasi dan pelaporan, hanya dapat memoderasi inventarisasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kota Makassar. Artinya kualitas teknologi informasi belum mendukung dalam melakukan inventarisasi yang akan mengakibatkan semakin berkualitas laporan keuangan yang dibuat oleh pemerintah daerah. Sedangkan, kualitas teknologi informasi belum dapat memoderasi pengaruh pembukuan dan pelaporan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kota Makassar.
Hasil penelitian ini dapat memberikan implikasi terhadap pemerintah daerah baik kabupaten maupun kota agar mempertimbangkan faktor-faktor yang ada dalam penelitian ini yang dianggap dapat memberikan efek yang baik dalam menghasilkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Hal ini penting karena dengan memahami faktor-faktor tersebut dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Keuangan Daerah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Nov 2021 00:58
Last Modified: 15 Nov 2021 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item
View Item