UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI HANDSANITIZER BERBASIS NANOPARTIKEL PERAK YANG DIBIOSINTESIS DARI LIOFILISAT EKSTRAK AIR TEH HIJAU (Camellia sinensis L.)= HANDSANITIZER ANTIBACTERIAL ACTIVITY TEST OF SILVER NANOPARTICLES BASED BIOSHYNTESIZED BY LYOPHILISATE GREEN TEA (Camellia sinensis L.) WATER EXTRACT


KHAERIAH, HIKMATUL (2021) UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI HANDSANITIZER BERBASIS NANOPARTIKEL PERAK YANG DIBIOSINTESIS DARI LIOFILISAT EKSTRAK AIR TEH HIJAU (Camellia sinensis L.)= HANDSANITIZER ANTIBACTERIAL ACTIVITY TEST OF SILVER NANOPARTICLES BASED BIOSHYNTESIZED BY LYOPHILISATE GREEN TEA (Camellia sinensis L.) WATER EXTRACT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N011171316_skripsi cover1.jpg

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N011171316_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N011171316_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N011171316_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

HIKMATUL KHAERIAH. Uji Aktivitas Antibakteri Handsanitizer Berbasis Nanopartikel Perak yang Dibiosintesis dari Liofilisat Ekstrak Air Teh Hijau (Camellia sinensis L) (Dibimbing oleh Sartini dan Rosany Tayeb)
Nanopartikel perak memiliki aktivitas antibakteri sehingga dapat diaplikasikan sebagai bahan antimikroba. AgNO3 juga memiliki aktivitas antibakteri namun tidak stabil dan mudah terurai membentuk asam nitrat,perak nitril serta perak koloid. Diketahui handsanitizer dapat bekerja efektif dengan dibuat dalam bentuk nanopartikel perak yang dibiosintesis dari liofilisat ekstrak air teh hijau (Camellia sinensis L) . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan aktivitas antibakteri liofilisat ekstrak air teh hijau terhadap pembentukan nanopartikel perak. Nanopartikel perak dibuat dengan menggunakan 5 ml larutan liofilisat ekstrak air teh hijau 0.125% sebagai agen pereduksi dan dicampurkan dengan AgNO3 4 mM sebanyak 45 mL kemudian nanopartikel akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Penghentian reaksi pembentukan nanopartikel perak dilakukan dengan penambahan capping agent PVA 2% sebanyak 50 mL. Sediaan kemudian diuji stabilitas fisik dan diuji aktivitas antibakteri menggunakan bakteri S.aureus. Hasil pengujian stabilitas fisik menunjukkan nilai pH 4.5 dan viskositas 4.63 cps. Hasil pengujian aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa nanopartikel perak dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus pada inkubasi hari pertama bila dibandingkan dengan larutan AgNO3 dan kontrol positif. Dapat disimpulkan bahwa sediaan handsanitizer nanopartikel perak dapat digunakan sebagai agen antibakteri .
Kata kunci : Handsanitizer, Liofilisat Ekstrak Air Teh Hijau (Camellia sinensis L.),AgNO3, Nanopartikel perak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2021 00:51
Last Modified: 15 Nov 2021 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10472

Actions (login required)

View Item
View Item