PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TEH HIJAU (Camellia sinensis) TERHADAP LOKOMOTOR, REPRODUKSI DAN MASA HIDUP LALAT BUAH (Drosophila melanogaster)= EFFECT OF GREEN TEA EXTRACT (Camellia sinensis) ON LOCOMOTOR, REPRODUCTION AND LIFESPAN OF FRUIT FLY (Drosophila melanogaster)


Adila, Adila (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK TEH HIJAU (Camellia sinensis) TERHADAP LOKOMOTOR, REPRODUKSI DAN MASA HIDUP LALAT BUAH (Drosophila melanogaster)= EFFECT OF GREEN TEA EXTRACT (Camellia sinensis) ON LOCOMOTOR, REPRODUCTION AND LIFESPAN OF FRUIT FLY (Drosophila melanogaster). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
N11116326_skripsi cover1.jpg

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
N11116326_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
N11116326_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
N11116326_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Adila. Pengaruh Pemberian Ekstrak Teh Hijau (Camellia sinensis) Terhadap Lokomotor, Reproduksi dan Masa Hidup Lalat Buah (Drosophila melanogaster)
(dibimbing oleh Firzan Nainu dan Sartini)
Ekstrak teh hijau (ETH) merupakan bahan alam yang memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) tinggi yang berkhasiat sebagai imunostimulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh ETH terhadap Drosophila melanogaster jenis oregon R dengan parameter uji yaitu uji lokomotor, uji reproduksi dan uji masa hidup. Kelompok perlakuan dibagi atas empat yang terdiri dari D. melanogaster yang diberi pakan normal sebagai kontrol sehat dan lalat buah yang diberi masing-masing ETH sebesar 0,01%; 0,1% dan 1%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa ETH pada pengujian lokomotor menunjukkan hasil yang non signifikan pada semua perlakuan sehingga tidak ada perbedaan nyata antara D. melanogaster yang diberi pakan normal ataupun dengan ETH. Pada pengujian reproduksi diperoleh hasil bahwa ETH tidak memberikan pengaruh terhadap penambahan jumlah pupa maupun lalat dewasa, dilihat dari perbandingan hasil jumlah pupa dan lalat dewasa yang diberi pakan normal dengan ETH tidak berbeda jauh. Sedangkan untuk hasil statistik data reproduksi D. melanogaster menunjukkan tidak ada perbedaan nyata antara jumlah pupa dan lalat dewasa pada pakan normal dengan ETH. Untuk hasil pengujian masa hidup D. melanogaster menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata antara D. melanogaster yang diberi pakan normal maupun ETH. Tetapi terjadi waktu kematian D. melanogaster betina yang diberi ETH dengan konsentrasi 1% lebih lama dibandingkan dengan D. melanogaster lainnya, dimana waktu kematian D. melanogaster betina dengan ekstrak 1% bertahan selama 19 hari.
Kata Kunci: Drosophila melanogaster, teh hijau, uji lokomotor, uji reproduksi, uji masa hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Nov 2021 15:14
Last Modified: 11 Nov 2021 15:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item
View Item