MODEL ESTIMASI EMISI KENDARAAN RINGAN BERBASIS POLA SIKLUS MENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MOVES PADA RUAS JALAN NASIONAL DI KOTA MAKASSAR


Patunrangi, Siti Nurfajrina J. (2020) MODEL ESTIMASI EMISI KENDARAAN RINGAN BERBASIS POLA SIKLUS MENGEMUDI DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM MOVES PADA RUAS JALAN NASIONAL DI KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012172005_tesis cover1.png

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
D012172005_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D012172005_tesis -dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012172005_tesis_02-11-2020(FILEminimizer).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik kendaraan ringan berdasarkan program MOVES dan IVEM, menganalisis estimasi emisi dan menganalisis perbedaan besaran emisi pada program MOVES dan IVEM di ruas jalan Nasional Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di 11 ruas jalan Nasional atau 48 segmen jalan yang ada di Kota Makassar dengan periode waktu (pagi, siang, dan sore) yang dimulai pukul 06.00 sampai dengan 18.00 Wita. Data yang dibutuhkan yaitu data karakteristik kendaraan berdasarkan program MOVES dan IVEM, data jumlah kendaraan, panjang jalan, kecepatan kendaraan, dan VSP berdasarkan tracking perjalanan. Adapun metode analisis data menggunakan microsoft excel, spss, program emisi MOVES dan IVEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi tipe kendaraan ringan berdasarkan program MOVES yaitu umur kendaraan, merk/tipe, dan kapasitas CC kendaraan, berdasarkan program IVEM yaitu jenis mesin, exhaust type dan odometer kendaraan, yang terjaring pada jaringan jalan nasional di Kota Makassar. Selanjutnya dipilih 5 kendaraan uji MOVES sebagai wakil dari 38,10% mayoritas kendaraan dan 3 kendaraan uji IVEM sebagai wakil dari 50,1% mayoritas kendaraan. Untuk besaran emisi CO, HC, dan NOx yang telah di uji pada 48 segmen jalan dengan menggunakan program MOVES dan IVEM di peroleh besaran emisi terbesar CO rata-rata program MOVES adalah pada jalan Urip Sumoharjo segmen 19 dan untuk program IVEM ada pada jalan Urip Sumoharjo segmen 2, sedangkan untuk besaran emisi terbesar NOx rata-rata program MOVES adalah ada pada jalan Ahmad Yani segmen 28 dan untuk program IVEM ada pada jalan urip sumoharjo segmen 14. Hasil uji t-test output emisi CO dan NOx program MOVES dan IVEM untuk tipe jalan 6/2D, 4/2D, 4/2 UD, 4/1 D dan 4/1 UD pada ruas jalan nasional menunjukkan ada perbedaan rata- rata dari hasil output emisi program MOVES dan IVEM atau dengan kata lain program MOVES dan IVEM menghasilkan hasil emisi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 11 Dec 2020 04:23
Last Modified: 11 Dec 2020 04:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item
View Item