VALIDASI PRIMER DAN KERAGAMAN GENETIK EBONI (Diospyros celebica Bakh.) MENGGUNAKAN DESAIN PRIMER SPESIFIK DI HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = PRIMER VALIDATION AND GENETIC DIVERSITY OF EBONY (Diospyros celebica Bakh.) USING SPECIFIC PRIMER DESIGNS IN HASANUDDIN UNIVERSITY EDUCATION FOREST


YUSNIAR, YUSNIAR (2021) VALIDASI PRIMER DAN KERAGAMAN GENETIK EBONI (Diospyros celebica Bakh.) MENGGUNAKAN DESAIN PRIMER SPESIFIK DI HUTAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS HASANUDDIN = PRIMER VALIDATION AND GENETIC DIVERSITY OF EBONY (Diospyros celebica Bakh.) USING SPECIFIC PRIMER DESIGNS IN HASANUDDIN UNIVERSITY EDUCATION FOREST. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012192002_tesis cover1.jpg

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012192002_tesis Bab 1-2.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012192002_tesis Dapus-lamp.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012192002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

YUSNIAR. Validasi Primer dan Keragaman Genetik Eboni (Diospyros celebica Bakh.) Menggunakan Desain Primer Spesifik Di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin dibawah Bimbingan Siti Halimah Larekeng dan Muh. Restu.
Eboni (Diospyros celebica Bakh.) merupakan jenis kayu yang memiliki corak yang indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Kayu eboni dapat dijadikan bahan untuk beberapa mebel mewah, patung, ukiran, dan alat upacara sakral. Kayu eboni merupakan tumbuhan endemik dari Sulawesi yang sedang menghadapi ancaman kepunahan karena kegiatan eksploitasi yang berlebihan di hutan alam. Penanda mikrosatelit atau SSR (Simple Sequence Repeat) merupakan salah satu penanda molekuler yang telah banyak digunakan dalam penelitian analisis keragaman genetik. Penanda mikrosatelit telah dikembangkan pada komoditas tanaman dan telah terbukti memiliki keefektifan yang baik untuk proses pengorganisasian materi genetik dalam pemuliaan tanaman. Analisis keragaman genetik eboni menggunakan primer hasil desain dari genom inti belum pernah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan marka SSR hasil desain yang dapat digunakan dalam analisis keragaman genetik dan menganalisis keragaman genetik eboni dari tegakan eboni pada Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin. Primer SSR yang digunakan didesain menggunakan MiSa Software. Sebanyak 53 pasangan primer yang dirancang kemudian diseleksi menggunakan 12 sampel DNA eboni. Sebanyak 34 primer tervalidasi dan sebanyak 10 primer digunakan untuk analisis keragaman genetik kayu eboni. Keragaman genetik eboni dengan rata-rata nilai heterozigositas harapan (He) adalah 0.3, sehingga keragaman genetik tergolong sedang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Nov 2021 05:34
Last Modified: 11 Nov 2021 05:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item
View Item