STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DENGAN SKEMA HUTAN KEMASYARAKATAN DI KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA


RUSADI, NUSRAH (2021) STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL DENGAN SKEMA HUTAN KEMASYARAKATAN DI KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M012171013_tesis cover1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M012171013_tesis Bab 1-2.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M012171013_tesis Dapus-lamp.pdf

Download (933kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M012171013_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NUSRAH RUSADI. Strategi Pengembangan Program Perhutanan Sosial Dengan Skema Hutan Kemasyarakatan di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. (dibimbing oleh Syamsu Alam dan Supratman) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keberhasilan pengelolaan hutan kemasyarakatan, menganalisis faktor pendorong dan faktor penghambat, serta merumuskan strategi pengembangan pengelolaan hutan kemasyarakatan. Data yang diperoleh diidentifikasi dan dikaji melalui tabel kriteria dan indikator kemudian dianalisis secara deskriptif melalui metode Force Field Analysis dan Analysis Hierarki Process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan hutan kemasyarakatan di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba berhasil dengan nilai skor 2.2. Faktor pendorong pengelolaan hutan kemasyarakatan yaitu pendampingan stakeholder, keterlibatan masyarakat dalam pemanfaatan lahan, aturan internal kelompok dan program kerja, bantuan alat ekonomi produktif, dan penerapan system agroforestri yang baik. Faktor penghambat terdiri atas keterlibatan anggota kelompok tani hutan dalam pengelolaan tidak maksimal, pertemuan tidak rutin, tidak ada sosialisasi terkait kebijakan hutan kemasyarakatan, pemanfaatan objek wisata alam belum optimal, minimnya sosialisasi perlindungan dan pengamanan hutan dan kegiatan patroli tidak partisipatif. Strategi pengembangan pengelolaan yang tepat terdiri atas melakukan pertemuan rutin dengan melibatkan berbagai pihak, melakukan sosialisasi terkait kebijakan hutan kemasyarakatan, melibatkan setiap kelompok tani hutan dalam penguatan kapasitas sumberdaya manusia, pemanfaatan lahan dan bantuan alat ekonomi produktif secara maksimal, penyusunan Master plan objek wisata dan kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan secara partisipatif.
Kata Kunci: Hutan Kemasyarakatan, Forces Field Analysis, Analysis Hierarki Process

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:25
Last Modified: 11 Nov 2021 02:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10403

Actions (login required)

View Item
View Item