ENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMU NEGERI 4 MAKASSAR


MUCHTAR, ANDI ILHAM (2012) ENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS X SMU NEGERI 4 MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
andiilhamm-2810-1-12-andi-4 cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
andiilhamm-2810-1-12-andi-4 1-2.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
andiilhamm-2810-1-12-andi-4 dapus.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
andiilhamm-2810-1-12-andi-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis seberapa besar pengaruh
keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bidang studi sosiologi,
penelitian ini dilaksanakan di smu negeri 4 kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keharmonisan keluarga berpengaruh
positif terhadap prestasi belajar bidang studi sosiologi. hal ini menunjukkan bahwa Apabila
keharmonisan keluarga meningkat, maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat dengan koefisien
regresi sebesar 0.225 Lingkungan sekolah juga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bidang
studi sosiologi. Hal ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah berubah maka prestasi
belajar juga akan berubah. Tanda positif menunjukkan perubahan yang searah. Apabila lingkungan
sekolah meningkat, maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat dengan koefisien regresi sebesar
0.293. Berdasarkan tabel model summery koefisen determinasi berganda (R2
) atau R squared = 25.4%
berarti keharmonisan keluarga dan lingkungan sekolah mempengaruhi perubahan variabel prestasi
belajar siswa dengan kata lain pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 25.4%.
Sedangkan sisanya yaitu 74.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam kerangka
konsep dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru, kepala
sekolah dan orang tua.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:04
Last Modified: 11 Nov 2021 02:04
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10373

Actions (login required)

View Item
View Item