MELACAK INDIKASI KEGAGALAN MENGELOLA BARANG COMMON DAN RELASINYA DENGAN NEGARA: KASUS HUTAN KEMASYARAKATAN BILA SIDRAP


RAHIM S, ABD (2021) MELACAK INDIKASI KEGAGALAN MENGELOLA BARANG COMMON DAN RELASINYA DENGAN NEGARA: KASUS HUTAN KEMASYARAKATAN BILA SIDRAP. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171566_skripsi cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171566_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171566_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171566_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABD RAHIM S (M011171566) Melacak Indikasi Kegagalan Mengelola Barang Common Dan Relasinya Dengan Negara: Kasus Hutan Kemasyarakatan Bila Sidrap di bawah bimbingan Dr Forest. Muhammad Alif K.S., S.Hut., M.Si dan Emban Ibnurusyd Mas’ud, S.Hut., MP.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses penyelenggaraan prinsip common kasus 12 HKm Sidrap yang diprersepsikan ‘gagal’ dengan menggunakan prinsip Common Ostrom dan menganalisa relasi antara HKm dengan pihak KPH yang baru dibentuk. Metode pengambilan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, studi literatur, observasi dan wawancara, setelah data diperoleh maka data akan direkapitulasi dengan analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis skala rangking. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa, penyelenggaraan prinsip common masih belum terlaksana pada lokasi 12 kelompok HKm, karena dari 8 prinsip common hanya ada satu yang terlaksana yaitu prinsip pertama “memiliki batasan yang jelas” ini terjadi karena tidak adanya komitmen bersama yang terbangun di dalam kelompok untuk membuat kelompoknya lebih baik lagi dan anggota kelompok memang belum sepenuhnya memiliki jiwa common seperti kelompok yang sudah berhasil, selanjutnya kelompok tidak bisa menerapkan pola yang sama seperti kelompok yang sudah berhasil, karena kondisi arealnya berbeda, dapat dilihat pada topgrafinya yang curam dan tutupan lahan yang lebih didominasi oleh kayu kayuan (jati). Terkait hubungan KPH dengan HKm diperoleh bahwa tugas dan fungsi KPH belum terlaksana dengan baik pada 12 kelompok bukan karena adanya unsur pilih kasih atau kurangnya perhatian yang diberikan, tetapi tidak terbangunya interaksi positif, yaitu tidak adanya saling percaya yang terbangun diantara keduanya, dikarenakan kurangnya progres pendamping yang memiliki peran sentral diantara keduanya.
Kata Kunci : Prinsip Common, Kondisi Areal, Relasi KPH

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:00
Last Modified: 11 Nov 2021 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10372

Actions (login required)

View Item
View Item