MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DI DESA PINANG KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG


Nurindah, Andi (2021) MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKM) DI DESA PINANG KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171332_skripsi cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171332_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171332_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171332_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Andi Nurindah (M011171332) Modal Sosial Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Desa Pinang Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Syamsu Alam., M.Si dan Ir.Adrayanti Sabar, S.Hut.,MP.,IPM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 3 unsur modal sosial yaitu saling percaya (trust), jaringan (network), dan hubungan timbal balik (reciprokal) pada pengembangan Hutan Kemasyarakatan (HKm). Metode deskriptif kualitatif dilakukan sebagai pendekatan penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat secara umum baik yang ditunjang oleh kerjasama antar masyarakat, kepercayaan antar anggota kelompok tani, kelompok tani dengan kelompok tani lain, dan kelompok tani dengan pemerintah terjalin baik karena mereka selalu saling meyakini bahwa seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah maupun lembaga lain bekerja bersama untuk memberhasilkan pembangunan HKm di desa mereka. Jaringan sosial yang terjalin dalam hubungan masyarakat desa terjalin baik. Selain dilatarbelakangi oleh kekeluargaan, komunikasi dan saling pengertian juga menjadi faktor yang kuat dalam jaringan sosial di desa yakni jaringan sosial dalam aktivitas ekonomi masyarakat telah menuai peningkatan dalam pemasarannya. Jaringan sosial dalam aktivitas lingkungan terbukti dengan kemauan kelompok tani menerima informasi terkait pengelolaan hutan. Jaringan sosial dalam aktivitas kemasyarakatan terbukti dengan antusiasme masyarakat desa dalam mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pemerintah. Manfaat timbal balik yang terjalin antar parapihak terlihat pada manfaat yang diterima oleh masing-masing pihak, baik masyarakat, pemerintah maupun LSM dan lembaga penunjang lainnya.
Kata Kunci : Modal Sosial, Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:19
Last Modified: 11 Nov 2021 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item
View Item