OPTIMALISASI STRATEGI MANAJEMEN OPERASI TAMBANG WEST & EAST BLOCK MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD


NELSON, RICKY (2011) OPTIMALISASI STRATEGI MANAJEMEN OPERASI TAMBANG WEST & EAST BLOCK MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
rickynelso-2625-1-10-rick-n cover1.jpg

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
rickynelso-2625-1-10-rick-n 1-2.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
rickynelso-2625-1-10-rick-n dapus.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
rickynelso-2625-1-10-rick-n.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

RICKY NELSON, 2010. Optimalisasi Strategi Manajemen Operasi
Tambang West & East Block Menggunakan Balanced Scorecard
(dibimbing oleh Prof. Dr. H. Djabir Hamzah, MA dan Dr. M. Yunus Amar,
MT).
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengkaji potensi peningkatan atau
optimalisasi kinerja tambang (2)menganalisa penggunaan program
balanced scorecard pada strategi jangka panjang dan jangka pendek
manajemen, sehingga sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk
area Operasi tambang west & east block. Operasi tambang west & east
block merupakan salah satu penghasil bijijh nikel terbesar yang di
umpankan ke pabrik peleburan unit bisnis PT Inco tbk di sorowako
Metode analisis yang digunakan yaitu metode kualitatif, data yang
diperoleh dianalisis dengan memadukan pendekatan kuantitatif dan
kualitatif karena akan melibatkan aspek – aspek yang spesifik dan tidak
spesisfik atau saling tumpang – tindih.
Hasil analisis dengan konsep balanced scorecard pada Operasi tambang
west & east block menunjukkan terdapat kejelasan hubungan antara visi,
misi dan strategi perusahaan serta tolok ukur dalam perspektif keuangan,
pelanggan, proses bisnis internal serta pembelajaran dan pertumbuhan.
Kinerja perusahaan tahun 2005 sampai 2009 memperlihatkan hasil yang
cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari rasio ROI selalu positif rata-rata
26,09%. Rasio NPM juga selalu positif paling rendah 30,47% dan rata-rata
47,59%. Tanggapan pelanggan tentang inovasi perusahaan diketahui
bahwa rata-rata adalah 4,45 artinya secara umum pelanggan sangat puas
terhadap inovasi perusahaan. Kinerja perusahaan ditinjau dari perspektif
proses bisnis internal adalah sangat baik. Hasil interview untuk perspektif
pembelajaran dan pertumbuhan diperoleh nilai sebesar 3,74 (Puas).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: - Nurhasnah
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:17
Last Modified: 04 Nov 2021 01:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item
View Item