Rusman, Rusni Fitri Yuhanin (2013) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP LOYALITAS FRANCHISEE PADA USAHA WARALABA LOKAL AYAM GORENG THE INFLUENCE OF RELATIONSHIP MARKETING ON FRANCHISEE LOYALTY OF FRIED CHICKEN LOCAL FRANCHISE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
rusnifitri-2532-1-13-rusni-1 1-2.pdf
Download (304kB)
rusnifitri-2532-1-13-rusni-1 cover1.jpg
Download (207kB) | Preview
rusnifitri-2532-1-13-rusni-1 dapus.pdf
Download (807kB)
rusnifitri-2532-1-13-rusni-1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
RUSNI FITRI YUHANIN RUSMAN. Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap
Loyalitas Franchisee Pada Waralaba Lokal Ayam Goreng (Dibimbing oleh Rahim
Darma dan Indriyanti Sudirman).
Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh antara mediator pemasaran relasional
yaitu kepercayaan, komitmen, kepuasan hubungan dan kualitas hubungan serta
pengaruh keempat mediator tersebut terhadap loyalitas franchisee.
Metode yang digunakan adalah studi kasus dan bersifat eksplanatif. Responden
penelitian sebanyak 38 orang franchisee BExpress Fried Chicken yang dipilih secara
sensus. Data dikumpulkan dengan metode wawancara yang dikuantitatifkan dengan
menggunakan skala likert yang kemudian dianalisis dengan analisis jalur (path analysis)
untuk pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel kepercayaan, dimensi
komunikasi memiliki nilai paling tinggi lalu pada variabel komitmen nilai tertinggi di
dimensi sikap franchisor. Variabel kepuasan hubungan pada dimensi kualitas bahan
baku, variabel kualitas hubungan pada dimensi manfaat hubungan dan variabel
loyalitas franchisee pada dimensi keaktifan melakukan pemesanan. Nilai loading factor
pada analisis path menunjukkan hanya variabel kepercayaan terhadap kualitas
hubungan dan variabel kepuasan hubungan terhadap loyalitas franchisee yang memiliki
pengaruh tidak signifikan, sementara seluruh koefisien korelasi antar variabel lainnya
menunjukkan nilai yang signifikan. Untuk koefisien determinasi (R2) menunjukkan
bahwa variabel-variabel dalam model analisis jalur mampu menjelaskan sebesar 81 %
terhadap loyalitas franchisee sedangkan sisanya 19 % dijelaskan oleh variabel-variabel
bebas lainnya yang tidak diteliti. Hasil ini menunjukkan bahwa keefektifan pemasaran
relasional mampu memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap loyalitas
franchisee.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 07:02 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 07:02 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10215 |