Menganalisis Kapasitas Formal Birokrasi Kehutanan Pemerintah Pusat Kepulauan Solomon


ARAPA’ASI, SAMANTHA (2021) Menganalisis Kapasitas Formal Birokrasi Kehutanan Pemerintah Pusat Kepulauan Solomon. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11114801_skripsi cover1.jpg

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11114801_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11114801_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11114801_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Arapa’asi Samantha (M111 14 801). Menganalisis Kapasitas Formal Birokrasi Kehutanan Pemerintah Pusat Kepulauan Solomon Di Bawah Bimbingan Muhammad Alif K.S dan Emban Ibnusyd Mas'ud.
Kepulauan Solomon telah mengalami kehilangan dan degradasi hutan yang parah dalam beberapa dekade terakhir karena praktik penebangan ilegal dan tidak berkelanjutan. Kementerian Kehutanan pemerintah Kepulauan Solomon bertanggung jawab atas pengelolaan sumber daya hutan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas birokrasi formal kehutanan Kepulauan Solomon dalam mengatur isu-isu terkait hutan. Penelitian ini dikategorikan ke dalam 4 domain yaitu, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab formal, ketersediaan anggaran, dan kolaborasi pemangku kepentingan. Metode tinjauan dokumenter digunakan untuk memberikan informasi tentang struktur organisasi, laporan keuangan, dan layanan dan tugas yang dilakukan oleh organisasi. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data melalui panggilan online.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa birokrasi memiliki struktur formal dengan gambaran yang jelas tentang divisi dan fungsinya. Jalur komunikasi dan tanggung jawab didefinisikan dengan jelas, dan ada bajet tahunan dari
pemerintah. Organisasi telah berkolaborasi dengan stakeholder dan mitra pembangunan lainnya dalam proyek dan pelatihan. Tantangan dan kelemahan yang dihadapi organisasi adalah layanan dukungan dan logistik yang limited, Komunikasi dan
peralatan dan layanan TI yang buruk, bajet yang tidak lengkap dan Budaya kerja dan koordinasi kerja tim yang buruk, Pengawasan dan manajemen yang lemah.
Kata kunci: birokrasi kehutanan, tata kelola hutan, kapasitas birokrasi formal, pemerintah pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:37
Last Modified: 10 Nov 2021 06:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10183

Actions (login required)

View Item
View Item