KUALITAS AIR PADA GUA LEANG LONRONG KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN


Thahir, A. Syarwan (2021) KUALITAS AIR PADA GUA LEANG LONRONG KECAMATAN MINASATENE KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M11114532_skripsi cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M11114532_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M11114532_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M11114532_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

A. Syarwan Thahir (M111 14 532). Kualitas Air Sungai Pada Gua Leang Lonrong Kecamatan Minasatene Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun dibawah bimbingan Usman Arsyad dan Baharuddin Mappangaja.
Aliran air di Gua Leang Lonrong selain dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sumber air bersih, juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata permandian. Meningkatnya aktivitas manusia akibat pemanfaatan Gua Leang Lonrong menjadi lokasi wisata diduga dapat mempengaruhi kualitas air yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perubahan kualitas air dari tiga titik pengambilan sampel, yaitu dalam gua, mulut gua, dan ujung kolam saat kondisi tidak ramai dan ramai pengunjung berdasarkan parameter fisika dan kimia. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parameter fisika di dalam studi ini terdiri dari suhu, warna, bau dan rasa, kekeruhan, dan total zat padat tersuspensi (Total Suspended Solids) dan parameter kimia terdiri dari pH, DO (Dissolve Oxygen) dan BOD (Biochemical Oxygen Demand). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas fisika dan kimia air pada kondisi ramai dan tidak ramai pengunjung di dalam gua dan mulut gua memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan, sedangkan ujung kolam tidak memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan.
Kata kunci: Kualitas air; Parameter fisika; Parameter kimia; Gua Leang Lonrong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:36
Last Modified: 10 Nov 2021 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item
View Item