ANALISIS KINERJA JARINGAN PRASARANA JALAN KOLEKTOR RUAS IMPA IMPA PERFORMANCE ANALYSIS OF INFRASTRUCTURE OF ULUGALUNG PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HASANUDDIN ANALISIS KINERJA JARINGAN PRASARANA JALAN KOLEKTOR RUAS IMPA IMPA-SENGKANG DAN SENGKANG-ULUGALUNG KABUPATEN WAJO


AR, IRWAN (2013) ANALISIS KINERJA JARINGAN PRASARANA JALAN KOLEKTOR RUAS IMPA IMPA PERFORMANCE ANALYSIS OF INFRASTRUCTURE OF ULUGALUNG PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS HASANUDDIN ANALISIS KINERJA JARINGAN PRASARANA JALAN KOLEKTOR RUAS IMPA IMPA-SENGKANG DAN SENGKANG-ULUGALUNG KABUPATEN WAJO. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
irwanar-2525-1-13-irwan-4 cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
irwanar-2525-1-13-irwan-4 1-2.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
irwanar-2525-1-13-irwan-4 dapus.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
irwanar-2525-1-13-irwan-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
IRWAN AR. Analisis Kinerja Jaringan Prasarana Jalan Kolektor Ruas Impa
Impa-Sengkang dan Sengkang-Ulugalung Kabupaten Wajo ( dibimbing oleh
Shirly Wunas dan Armin Lawi).
Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis kinerja prasarana jaringan
jalan ruas Impa impa-Sengkang dan Sengkang-Ulugalung di Kabupaten
Wajo, (2) Menyusun strategi pengembangan jaringan prasarana jalan Impa
impa-Sengkang dan Sengkang-Ulugalung di Kabupaten Wajo.
Penelitian ini menggunakan analisis Manual Kapasitas Jalan
Indonesia (MKJI). Pengambilan data dilakukan pada ruas jalan berdasarkan
fungsi guna lahan di sekitar segmen dengan penghitungan arus lalu lintas
dan hambatan samping di sekitar ruas.
Hasil penelitian adalah kinerja jalan ruas Impa impa-Sengkang
menunjukkan bahwa segmen 1 memiliki tingkat pelayanan A (arus bebas,
volume lalu lintas rendah, kecepatan merupakan pilihan pengemudi) dengan
derajat kejenuhan terendah, sedangkan segmen 3 memiliki kinerja tingkat
pelayanan C (arus stabil, kecepatan dipengaruhi volume lalu lintas) dengan
derajat kejenuhan tertinggi. Ruas Sengkang-Ulugalung menunjukkan
segmen 4 dan 6 memiliki tingkat pelayanan A dan segmen 5 dengan tingkat
pelayanan B (arus stabil, kecepatan terbatas). Strategi pengembangan jalan
ruas Impa impa-Sengkang adalah mengurangi hambatan samping,
manajemen lalu lintas, peningkatan kapasitas, sedangkan ruas SengkangUlugalung dengan pengendalian bangunan baru di sekitar ruas jalan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:35
Last Modified: 10 Nov 2021 06:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10141

Actions (login required)

View Item
View Item