KASRINI, RINA (2013) F AK T OR Y AN G M E MP E N G AR U H I K IN ER J A P ER AW AT D I R U M AH S AK IT U M U M D AE R AH H AJ I M AK ASS AR T AH U N 20 13. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.
rinakasrin-2353-1-13-rina-0 1-2.pdf
Download (219kB)
rinakasrin-2353-1-13-rina-0 COVER.jpg
Download (210kB) | Preview
rinakasrin-2353-1-13-rina-0 DAPUS.pdf
Download (66kB)
rinakasrin-2353-1-13-rina-0.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
Abstract (Abstrak)
RINA KASRINI. Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam
Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Daerah
Haji Tahun 2013 (dibimbing oleh Asiah Hamzah dan Rahmatia Yunus)
Fungsi rumah sakit secara khusus adalah menyediakan dan
menyelenggarakan pelayanan medik, pelayanan penunjang medik,
pelayanan perawatan, pelayanan pencegahan dan peningkatan
kesehatan. Salah satu tolok ukur mendapatkan pelayanan berkualitas di
rumah sakit (RS) adalah tercapainya kinerja sumber daya manusia (SDM)
RS yaitu perawat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang
mempengaruhi kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan
keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Tahun 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat dan pasien
yang jumlah keseluruhan sampel sebanyak 140. Variabel yang diukur
pada penelitian ini adalah sumber daya manusia, finansial, pengetahuan,
kepemimpinan dan motivasi. Data dianalisis dengan menggunakan
pendekatan uji regresi logistic.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh sumber daya manusia
(p=0,000), financial (p=0,014), pengetahuan (p=0,032), kepemimpinan
(p=0,028) dan komunikasi (p=0,030) terhadap kinerja perawat dalam
melaksanakan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Haji
Tahun 2013. Diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan manajemen
sumber daya manusia dengan menambah jumlah perawat sesuai dengan
perbandingan jumlah pasien, semakin memperhatikan kesejahteraan
perawat, memberikan kesempatan kepada perawat untuk mengikuti
pelatihan dan pengembangan karir. Dan diharapkan kepada perawat agar
menjalin komunikasi yang intens dan persuasive kepada pasien agar
tercipta hubungan yang harmonis antara perawat dengan pasien sehingga
memudahkan perawat dalam proses komunikasi terapeutik.
Kata kunci : sumber daya manusia, kinerja perawat
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | - Nurhasnah |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 06:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:24 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10077 |