ANALISIS KONTRIBUSI USAHA PEREMPUAN PESISIR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Tadang Palie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang)


NURDIANA, NURDIANA (2021) ANALISIS KONTRIBUSI USAHA PEREMPUAN PESISIR TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Tadang Palie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041171013_skripsi cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041171013_skripsi Bab 1-2.pdf

Download (695kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041171013_skripsi Dapus-lamp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041171013_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

NURDIANA L041 17 1013. “Analisis Kontribusi Usaha Perempuan Pesisir terhadap Pendapatan Rumah Tangga (Studi Kasus di Desa Tadang Palie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang)” dibimbing oleh Sutinah Made sebagai pembimbing utama dan Arie Syahruni Cangara sebagai pembimbing anggota. Masyarakat pesisir memiliki karakteristik yang berbeda dari masyarakat lainnya sehingga membuat mereka harus memiliki strategi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan perkembangan teknologi dan tuntutan ekonomi keluarga maka kaum perempuan juga telah ikut berkontribusi dalam ekonomi rumah tangga seperti perempuan pesisir yang ada di Desa Tadang Palie. Dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga, perempuan pesisir di Desa Tadang Palie menjalankan sebuah usaha merupakan salah satu upaya untuk membantu perekonomian keluarga yang bertujuan pada pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga serta mengembangkan potensi dirinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis-jenis usaha perempuan pesisir, besar pendapatan yang diperoleh perempuan pesisir yang memiliki usaha, serta besar kontribusi usaha perempuan pesisir terhadap pendapatan rumah tangga yang terdapat di Desa Tadang Palie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang. Adapun dalam penentuan responden menggunakan teknik cluster sampling dimana dibedakan berdasarkan jenis usaha sebanyak 37 orang. Adapaun analisis data dengan menggunakan rumus pendapatan rumah tangga dan kontribusi pendapatan perempuan pesisir. Teknik pengumpulan data melakukan observasi, pembagian kuisioner dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tadang Palie, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang pada bulan Januari - Februari 2021. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa jenis usaha perempuan pesisir yaitu usaha dagang campuran, usaha jual ikan kering, usaha jual kue, usaha wisata kuliner, usaha jahitan, usaha jual minuman kekinian, dan usaha jual pakaian. Dari semua jenis usaha perempuan pesisir yang ada di Desa Tadang Palie, usaha wisata kuliner yang memiliki kontribusi paling besar, dan usaha jual ikan kering memiliki kontribusi paling kecil terhadap pendapatan rumah tangga.
Kata Kunci : Kontribusi, Pendapatan, Usaha Perempuan Pesisir, Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:24
Last Modified: 02 Nov 2021 06:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/10075

Actions (login required)

View Item
View Item